Thursday, May 10, 2018

Tari Saman Semarakkan Atmosphere Indonesia di Mesir

Mahasiswa Aceh menampilkan tarian Saman Gayo di Taman Al-Azhar. (Dok. PPMI Mesir)
Kmamesir.org (10/5/2018). Tari Saman kembali membuat masyarakat Mesir terpukau. Kali ini, tarian itu dipersembahkan di acara Atmosphere Indonesia yang digelar di Taman Al-Azhar Kairo, Jumat (4/5). Tarian yang berasal dari Tanah Gayo ini merupakan kali ketiganya ditampilkan ketika memeriahkan acara-acara mahasiswa Indonesia yang berada di Kairo. 

Para penari yang seluruhnya berasal dari Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir dengan penuh semangat melakukan tarian yang sering dijuluki Tarian Seribu Tangan ini. Mereka tampil prima dan cukup memuaskan. Sebelum penampilan Tari Saman, panitia Atmosphere mengarahkan dan mengumpulkan masyarakat Mesir yang mengunjungi taman di lokasi penampilan untuk menyaksikan atraksi budaya Indonesia, salah satunya tarian Saman Gayo yang berasal dari Aceh. 

Atmosphere sendiri merupakan sebuah acara yang tujuannya memperkenalkan ragam budaya Indonesia di Mesir. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali diadakan dalam sejarah mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Mesir. 

Acara yang digagas Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir ini mendapatkan respon yang luar biasa dari masyarakat Mesir yang berkunjung ke Taman Al-Azhar. PPMI Mesir berharap event seperti ini bisa terus digalakkan untuk mempromosikan budaya dan tradisi Indonesia dan untuk mendekatkan budaya Indonesia kepada masyarakat Mesir.[] 

Teguh Munara
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Tari Saman Semarakkan Atmosphere Indonesia di Mesir Rating: 5 Reviewed By: kmamesir