Sunday, November 4, 2018

Gandeng RRI, PPMI Mesir Adakan Pelatihan Jurnalistik

Foto bersama pemateri. (Foto: Dok. PPMI)
Kmamesir.org.(5/11/2018). Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir mengadakan pelatihan jurnalistik bagi para mahasiswa Indonesia di Mesir, yang bertempat di Aula Griya Jawa Tengah, Madinat Nasr, Kairo. Acara ini berlangsung selama 2 hari, Sabtu-Ahad, 3-4 November 2018. 

Pelatihan jurnalistik ini langsung dibimbing langsung oleh para senior ahli di bidang kejurnalistikan dari Radio Republik Indonesia (RRI), yang memang kebetulan sedang berkunjung ke Negeri Piramida ini. Mereka adalah Bapak Sudaryanto (Direktur RRI), Bapak Agus Sukoyo (Kabid Kerjasama Dit PP RRI), dan Bapak Muhsin Zein (Kabid Program Pemberitaan Dit PP RRI). 

Dalam pelatihan, para peserta diperkenalkan terlebih dahulu dengan dunia kepenulisan dan jurnalistik, serta jenis-jenis berita yang biasa ditulis oleh wartawan, di antaranya Straight News dan Feature News. Straight News memuat berita-berita yang sedang booming dan hangat diperbincangkan oleh khalayak ramai dan bersifat to the point (tidak bertele-tele). Sedangkan Feature News memuat berita aktual dengan gaya bahasa yang lebih santai dibandingkan Straight News, seperti opini, berita hiburan, dan olahraga. 

“Tulisan di suatu media itu tidak melulu berisikan berita, situs bangunan bersejarah pun bisa dijadikan bahan tulisan, asalkan memuat foto, narasumber dari masyarakat sekitar atau tokoh yang bersangkutan, serta diambil dengan angle yang bagus, maka akan terbentuk sebuah tulisan yang baik.” ungkap Bapak Agus Sukoyo (Kabid Kerjasama Dit PP RRI). 

Para peserta pun diberi tugas membuat sebuah contoh berita, baik itu berita media online ataupun berita radio, untuk kemudian dikoreksi bersama di hari kedua. Ini sebagai penunjang untuk mengetahui sejauh mana pemahaman para peserta mengenai dunia jurnalistik. 

Pada akhir acara para peserta juga dibagikan doorprize menarik, berupa 14 buah flashdisk berisikan aplikasi dan tata cara menjadi koresponden RRI di luar negeri, yang dibagikan secara cuma-cuma bagi para peserta yang beruntung. 

Acara pun berakhir dengan sesi tanya-jawab dan foto bersama seluruh peserta dan narasumber, kemudian dilanjut dengan makan malam bersama.[] 

Fanny Putri Afsyalia

No comments:

Item Reviewed: Gandeng RRI, PPMI Mesir Adakan Pelatihan Jurnalistik Rating: 5 Reviewed By: KMA Mesir