Wednesday, November 7, 2018

KMA Mesir Adakan Pelatihan Mawaris dan Tajhiz Mayyit

Ustaz Muhammad Ziaul Haq menyampaikan materi tajhiz mayyit. (Foto: Dok. KMA Mesir)


Kmamesir.org. (7/11/2018). Departemen Pendidikan Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir menyelenggarakan Pelatihan Mawaris dan Tajhiz Mayyit, Rabu (7/11). Pelatihan ini akan berlangsung selama selama empat hari, terhitung dari tanggal 7-10 November 2018 yang bertempat di Meuligoe KMA.

Acara pembukaan dimulai ba'da Zuhur, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia

“Pelatihan ini memang merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan KMA Mesir. Namun, kali ini agak sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, karena kami menggabungkan pelatihan mawaris plus tajhiz mayyit ke dalam satu paket komplit, mengingat dua hal ini merupakan hal penting untuk kita pelajari,” ujar Tgk. Novian Nuzul Faza, selaku ketua panitia.

Pelatihan ini dibagi menjadi dua bagian, satu hari pertama untuk tajhiz mayyit (tata cara pengurusan jenazah), yang diisi oleh Ust. Muhammad Ziaul Haq, Lc dan tiga hari berikutnya akan dilanjutkan dengan pelatihan mawaris yang akan disampaikan oleh Tgk. Muhammad Diah, Lc.


Ustaz Ziaul Haq memaparkan beberapa kisah menyangkut hal-hal yang menjadi acuan adanya tajhiz mayyit yang memang sudah diajarkan oleh Rasulullah Saw. serta hukum tajhiz mayyit itu sendiri, yaitu fardu kifayah. Dalam pelatihan ini, Ustaz Ziaul Haq langsung mempraktikkan proses tajhiz mayyit. Mulai dari memandikan, mengafani, tata cara salat jenazah, serta cara peletakan jenazah di liang kubur.

Ustaz Ziaul Haq menjelaskan tata cara mengafani jenazah. (Foto: Dok. KMA Mesir)

Acara pelatihan ini disambut cukup antusias oleh para peserta yang juga merupakan warga KMA.

“Alhamdulillah kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kami. Menambah pengetahuan juga sebagai bekal bagi kami ketika pulang ke tanah air kelak. Seperti kata ketua panitia di dalam sambutannya (tadi), sebelum belajar ilmu berbagi warisan, pelajari dulu hak-hak bagi orang yang meninggalkan warisan tersebut,” tutur Mira salah seorang peserta pelatihan tajhiz mayyit hari ini.

Di akhir acara, panitia juga mempersiapkan beberapa doorprize bagi peserta yang dapat menjawab kuis yang diberikan oleh pemateri. Panitia sangat berharap agar para peserta tetap istiqamah mengikuti pelatihan ini sampai akhir.[]

Fanny Putri Afsyalia

No comments:

Item Reviewed: KMA Mesir Adakan Pelatihan Mawaris dan Tajhiz Mayyit Rating: 5 Reviewed By: KMA Mesir