Monday, February 18, 2019

Sambut HUT Akbar, KMA Mesir Adakan Musabaqah Hifzil Quran

Ketua KMA Mesir, Tgk. Thaiburrifqi, membuka Musabaqah Hifzil Quran. (Foto: Dok. KMA Mesir)
Kmamesir.org (18/1/2019). Dalam rangka menyambut HUT Akbar KMA (Keluarga Mahasiswa Aceh) Mesir ke-45, KMA turut mengadakan Musabaqah Ilmiah Cabang Hifzil Quran kategori 5 juz yang diperuntukkan khusus bagi para mahasiswa/i  KMA. Musabaqah ini diselenggarakan pada Sabtu (16 Februari 2019), untuk akhwat dan Minggu (17 Februari 2019) untuk ikhwan di Meuligoe KMA Mesir, Madinat Nasr.

Tujuan pelaksanaan MHQ ini adalah meningkatkan semangat para mahasiswa/i agar lebih dapat mendekatkan dirinya dengan Al-Quran, diiringi dengan semangat dalam mengulang hafalan 5 juz Al-Quran. Kegiatan ini juga bertujuan sebagai motivasi bagi para mahasiswa/i khususnya warga KMA lainnya untuk terus meningkatkan kualitas hafalan Al-Quran, dan berharap keberkahan dari Allah dari lantunan ayat-ayat para penghafal Al-Quran dalam mensukseskan HUT KMA ke-45 ini.

Baca juga: Cakradonya Buka Rangkaian HUT Akbar KMA Mesir ke-45

Peserta MHQ merupakan mahasiswa/i KMA yang mewakili setiap angkatan kedatangan, mulai 2015 hingga 2018. Setiap angkatan mengutus perwakilan terbaiknya untuk mensukseskan perlombaan. Jumlah seluruh peserta mencapai 30 peserta, di antaranya 16 peserta akhwat dan 14 peserta ikhwan.

Salah satu peserta MHQ. (Foto: Dok. KMA Mesir)


“Musabaqah Hifzil Quran merupakan salah satu cabang daripada musabaqah ilmiah pada acara HUT KMA ke-45 nanti. Tujuan daripada MHQ ini adalah untuk menyemangati para warga KMA untuk menjadi ahli Quran, karena ahli Quran adalah keluarganya Allah di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan menjadikan kesempatan MHQ ini sebagai ladang sarana untuk memurajaahkan hafalan,” ucap Desi Ramadhani selaku panitia Musabaqah Hifzil Quran. 



Pada babak penyisihan, perlombaan berlangsung menegangkan dengan pengujian ketat oleh para dewan juri. Setiap peserta mendapatkan satu paket soal yang terdiri dari 3 soal dengan penilaian kelancaran hafalan, tajwid, fashahah, adab, dan irama. 


Dewan juri akan memilih 8 peserta terbaik (4 ikhwan dan 4 akhwat) yang akan melangkah ke babak final tepat pada tanggal 12 Maret 2019 di Meuligoe KMA mendatang. Nantinya, di antara para finalis ini akan dinobatkan sebagai juara sesuai cabang masing-masing (juara 1 dan 2 ikhwan dan juara 1 dan 2 akhwat). Sedangkan pengumuman bagi peserta yang akan masuk babak final akan diumumkan pada 1 Maret 2019. 

Para dewan juri MHQ. . (Foto: Dok. KMA Mesir)
“Kami dari panitia MHQ sangat bersyukur, pada HUT KMA ke-45 kali ini telah diberi kesempatan dalam menyelenggarakan Musabaqah Hifzil Quran kategori 5 juz. Dan kami juga sangat mengapresiasi atas semangatnya para juri dan peserta dalam mengikuti lomba MHQ ini, yang dengan begitu, tampaklah aura KMA penuh dengan keberkahan ketika lantunan Kalamullah dibacakan. Pesan kami, alangkah baiknya acara seperti ini agar selalu diadakan setiap tahun, karena dengan adanya musabaqah seperti ini dapat membangkitkan semangat generasi kedepan menjadi sebagai ladang dakwah, sehingga menghasilkan banyaknya para huffazd di Keluarga Mahasiswa Aceh. Setialah bersama Al-Quran, karena kalam siapa lagi yang akan kita hafal jika bukan kalam Allah Pemilik sebaik-baik kalam,” ujar Tgk. Dedi Muslim, ketua panitia Musabaqah Hifzil Quran.[] 

Fida Afifah


No comments:

Item Reviewed: Sambut HUT Akbar, KMA Mesir Adakan Musabaqah Hifzil Quran Rating: 5 Reviewed By: kmamesir