Thursday, February 28, 2019

Website KMA Mesir dan Buletin el-Asyi Adakan Pelatihan Jurnalistik Bagi Kru Baru

Tgk. Fikri Aslami sedang memberikan materi jurnalistik. (Foto: Dok. KMA Mesir)
Kmamesir.org (1/3/2019). Website Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir dan Buletin el-Asyi mengadakan pelatihan jurnalistik bagi kru baru pada Minggu, (24/2), di Meuligoe KMA, Hayy Asyr, Madinat Nasr, Kairo. 

Pelatihan jurnalistik ini dilakukan untuk memperkenalkan kru baru tentang dunia jurnalistik dan media pemberitaan di KMA Mesir. Pelatihan ini sudah berlangsung dua kali pertemuan dari lima pertemuan yang direncanakan. Pematerinya diisi langsung oleh penulis dan editor senior website KMA Mesir maupun buletin el-Asyi.


Pertemuan pertama berlangsung pada Jumat, (15/2), tentang "Pengenalan Jurnalistik dan Non-Fiksi" oleh Fikri Aslami, yang juga pernah menjabat sebagai kepala sekolah menulis KMA pada tahun 2016. Adapun pertemuan kedua seputar "Cara Mudah Menulis HardNews" oleh Farhan Jihadi, editor website KMA Mesir. 

Dalam pelatihan ini, selain para peserta diperkenalkan dengan dunia jurnalistik, seperti jenis-jenis media, serta berita yang biasa ditulis oleh wartawan, para peserta juga dituntut untuk aktif dengan mengajukan pertanyaan juga diberi tugas membuat contoh berita sebagai tolak ukur sejauh mana pengetahuan para peserta mengenai dunia jurnalistik. 

Farhan Jihadi mengenalkan cara penulisan sebuah berita hard news. (Foto: Dok. KMA Mesir)
"Tidak semua peristiwa layak diberitakan. Tidak pula semua hal harus disampaikan. Ada kriteria dan prinsip jurnalistik yang perlu diperhatikan, sehingga naskah berita yang dihasilkan memang benar-benar bernilai tinggi. Selaku wartawan yang mencari informasi harus bijak dalam menyaring berita-berita yang didapatkan sehingga tidak melanggar kode etik jurnalistik dan selalu mengedepankan disiplin verifikasi, sehingga berita itu benar-benar layak untuk disebarkan pada khalayak ramai," kata Farhan jihadi.[] 

Deffa Cahyana Harist

No comments:

Item Reviewed: Website KMA Mesir dan Buletin el-Asyi Adakan Pelatihan Jurnalistik Bagi Kru Baru Rating: 5 Reviewed By: KMA Mesir