Tuesday, March 19, 2019

Mahasiswa Al-Azhar Asal Lhokseumawe Juarai MTQ Khat Murni PPMI Mesir

Maulizar (kanan) bersama guru kaligrafi Syekh Belaid Hamidi dari Maroko. (Foto: Dok. pribadi)
Kmamesir.org. (19/03/2019). Maulizar Yusuf, mahasiswa Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar asal Lhokseumawe, berhasil menjuarai musabaqah khat murni dalam pada Musabaqah Tilawah Al-Quran (MTQ) Nasional yang digelar 16-17 Maret 2019 di aula Rumah Limas. Madinat Nasr. 


Ajang ini merupakan rangkaian pembuka dari MTQ Internasional kedua yang diselenggarakan Persatuan Pelajar Mahasiswa Mesir (PPMI). MTQ Nasional antar mahasiswa Indonesia di Mesir (Masisir) ini sendiri adalah kali kedua diadakan oleh PPMI setelah tahun 2014 lalu. Bapak Muhammad Najid Akhtiar, Sekjen PPMI, mengatakan bahwa ajang tingkat nasional ini sengaja diadakan demi menyeleksi telenta muda berbakat di bidang tilawah dan hifdzil al-Quran. 

“Kita sengaja adakan MTQ Nasional ini agar dapat menyaring utusan MTQ Internasional. Lebih dari itu kita adakan juga cabang Khat dan pildacil untuk membangkitkan gairah masisir dalam mendalami Al-Quran,” jelas Bapak Muhammad Najid Akhtiar, Lc. 

Maulizar Yusuf yang lebih dikenal dengan Senior Oky, mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh elemen masyarakat yang telah mendukungnya, terutama kepada panitia yang telah sukses menghelat MTQ ini, 

“Panitianya sangat bagus dan hebat. Sebagai juara saya akan terus berusaha meningkatkan diri untuk menjadi lebih baik. Karena saya merasa hasil kemarin sangat-sangat kurang, dan belum sempurna untuk menjadi yang terbaik,” ujar Maulizar. 

Selanjutnya ia menambahkan bawah bukan juara yang hakikatnya yang dicari, akan tetapi keridhaan dari Allah yang dicari. Menurutnya lagi ajang MTQ ini adalah waktu terbaik untuk mengulang hafalan-hafalan huruf kalam Ilahi. 

“Selain bersyukur atas kemenangan ini, saya juga terbebani atas juara ini karena saya merasa belum pantas menjadi juara. Dan ini mungkin kali terakhir saya mengikuti even khat di Mesir. Doakan saya semoga bisa Lc tahun ini dan bisa mengabdikan ilmu di kampung halaman,” tambah Maulizar dengan berlinang air mata. 


Prestasi juara pertama ini bukan yang pertama bagi Maulizar Yusuf yang juga merupakan guru para khaththat masisir di Afanin ICMI. Tahun lalu ia berhasil menjadi juara pada dua cabang musabaqah khat tingkat Asean. 

Selain Maulizar Yusuf, Muhammad Rasyid, mahasiswa baru KMA, berhasil menjadi juara II khat mushaf bersama Fatmawati Putri, yang menjadi juara III cabang tilawah putri pada MTQ Nasional PPM tahun ini. 

Muhammad Ikhlas

No comments:

Item Reviewed: Mahasiswa Al-Azhar Asal Lhokseumawe Juarai MTQ Khat Murni PPMI Mesir Rating: 5 Reviewed By: kmamesir