Monday, March 4, 2019

Media KMA Hadirkan Mantan Kepala Sekolah Menulis Jadi Pemateri Pelatihan Kru Baru

Tgk. Muhibbussabri menjelaskan materi kepada kru baru media KMA. (Foto: Dok. KMA Mesir)
Kmamesir.org (4/3/2019). Media Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir, Kmamesir.org dan buletin el-Asyi kembali mengadakan pelatihan ketiga di meuligoe KMA, Madinat Nasr. KMA menghadirkan Tgk. Muhibbussabri Hamid, mantan Kepala Sekolah menulis KMA, Minggu (13/3). 

Pelatihan adalah untuk mengembangkan dan mengarahkan bakat kru baru media KMA. Namun, kali ini pemateri lebih mengarahkan pada motivasi dan pengenalan dasar dari berbagai penulisan nonfiksi, seperti penulisan tajuk rencana, artikel, feature, kolom, esai, opini dan lain-lain. 

Menurut Tgk. Muhibbussabri Hamid, hal umum yang harus diketahui oleh setiap pemula, adalah mengetahui identifikasi dari makna kepenulisan. Banyak dari sekian pemula yang membaca istilah-istilah artikel, opini, dan esai. Namun sangat disayangkan, mereka tidak memahaminya. Bahkan semakin banyak membaca buku-buku kepenulisan, semakin bingung dalam pemaknaannya. 

Pelatihan berlangsung dengan sangat khidmat. Materi disampaikan pun dengan santai, mudah dimengerti dan sering terselipkan canda tawa. "Hal terpenting harus kalian ketahui adalah pemaknaannya (artikel). Setelah itu, kuasai kepenulisannya". Begitulah pesan beliau yang sering diulang-ulang.


Dalam penyampaian materinya, beliau lebih senang untuk menjawab pertanyaan daripada hanya menguraikan penjelasan dengan panjang. Namun, peserta tidak aktif dalam pelatihan. Dirinya juga memotivasi peserta agar selalu aktif dan semangat dalam menulis. 

"Menulis itu tidak harus memiliki laptop, asal kalian punya kemauan pasti ada jalan solusi untuk menulis," katanya dipenghujung materi.[]

Muhammad Farhan

No comments:

Item Reviewed: Media KMA Hadirkan Mantan Kepala Sekolah Menulis Jadi Pemateri Pelatihan Kru Baru Rating: 5 Reviewed By: kmamesir