Thursday, March 7, 2019

Talk Show Anak Muda Meriahkan Rangkaian HUT KMA ke-45

Pemateri menyampaikan materi-materi inspiratif. (Foto: Dok. KMA Mesir)
Kmamesir.org (7/3/2019). Dalam rangka memperingati HUT yang ke-45, Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir mengadakan talk show anak muda. Talk show yang mengangkat tema "Menjadi Jomblo yang Inspiratif dan Produktif" ini berlangsung di Meuligoe KMA, pada Senin (4/3). 


Talk show anak muda ini merupakan salah satu program kerja yang berada di bawah Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Acara ini dilaksanakan untuk menambah kesadaran mahasiswa untuk mengembangkan karakter dan kepribadian diri dengan hal-hal inspiratif dan produktif, seperti yang diungkapkan ketua KMA, Tgk. Thaiburrifqi Ananda, pada pembukaan acara. 

Ketua panita, Zulfahmi Saputra, mengatakan antusisme peserta untuk mengikuti acara ini melebihi prediksi awal. Zulfahmi mengatakan bahwa jumlah peserta yang mendaftarkan diri untuk mengikuti talk show mencapai hingga sebanyak 200 orang. 

“Peserta kita batasi hingga 180 orang, tapi akhirnya yang datang malah mencapai 200 orang. Hal ini adalah bukti bahwa banyak pelajar yang berstatus jomlo ingin memperbaiki kualitas diri,” ujar Zulfahmi. 

Tiga Pemateri handal dan mumpuni ditunjuk untuk mengisi talk show. Pemateri pertama adalah Tgk. Hendri Julian. Hendri merupakan mahasiswa magister Universitas Liga Arab Mesir, yang sedang merampungkan tesisnya. Hendri memaparkan beberapa hal bagaimana kiat-kiat merancang masa depan para jomlo dengan cerah. 

Kemudian dilanjutkan oleh Tgk. Zaky Mubarak. Zaky adalah putra asal Aceh Barat Daya. Ia sedang menempuh pendidikan di program magister Jurusan Tafsir, Universitas Al-Azhar Kairo. Di usianya yang masih muda, Zaki cukup berprestasi. Kini ia telah menyelesaikan hafalan Al-Qur'an dan sudah memperoleh banyak ijazah dengan sanad yang bersambung hingga ke Rasulullah Saw. Dalam pemaparannya, Zaky menasihati agar para jomlo lebih mengoptimalkan waktu yang ada dan mengisinya dengal hal-hal yang bermanfaat. 

Pemateri selanjutnya, Tgk. Mukhlis Hasballah. Ia adalah lulusan sarjana Al-Azhar dan alumni Darul Ifta' Mesir. Tgk. Mukhlis telah menikah dan memiliki seorang anak. Ia menyampaikan bahwa seyogyanya seorang laki-laki yang masih menyandang status jomlo, harus sejak dini mempersiapkan bekal ilmu dan finansial yang cukup untuk membangun rumah tangga kelak.

"Kita sebagai anak muda, jangalah terburu-buru menikah. Kita juga harus mempersiapkan ilmunya dan finansialnya dengan baik. Jangan sampai, ketika kita nanti menikah, tapi finansial masih kurang baik, kita harus berusaha keras untuk bekerja untuk mencukupi finansial yang tidak cukup. Akhirnya, jika kita menikah, apalagi jika masih berstatus mahasiswa, akan sangat menggangu waktu kita belajar. Ini yang perlu dihindari," ujar Tgk. Mukhlis.

Talk show yang dimoderatori oleh Tgk. Amaril Basyiri ini ditutup dengan pembacaan doa oleh Tgk. Azwani Putra. Dengan berakhirnya talk show anak muda, para pemuda diharapkan mampu memanfaatkan masa lajang mereka dengan perkara positif, mencapai semua target yang telah dirancang, serta mampu menjadi inspirasi bagi orang lain.[] 

Maulidia Azzukhraifa

No comments:

Item Reviewed: Talk Show Anak Muda Meriahkan Rangkaian HUT KMA ke-45 Rating: 5 Reviewed By: kmamesir