Sunday, March 31, 2019

Tgk. A’maril Basyiri Terpilih Sebagai Nahkoda Baru KMA Mesir Periode 2019-2020

A'maril Basyiri (kiri) bersama Thaiburrifqi Ananda. (Foto: Dok. KMA Mesir)
Kmamesir.org (31/3/2019). Tgk. A'maril Basyiri terpilih sebagai ketua Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) yang baru periode 2019-2020 menggantikan Tgk. Thaiburrifqi Ananda dalam sidang Muhasabah Dewan Pengurus masa abdi 2018-2019 pada Sabtu (30/3), di Meuligoe KMA.


Sistem pemilihan ketua KMA memang agak berbeda. Sebelumnya, seluruh anggota KMA telah dibagikan angket untuk memilih calon ketua KMA periode selanjutnya, angket tersebut telah dibagikan pada malam puncak HUT KMA ke-45. Tahap selanjutnya, nantinya Syura akan menganalisa angket-angket tersebut dan memilih calon ketua KMA dari hasil angket tersebut, tentu saja dengan berbagai pertimbangan dari seluruh anggota Syura. Setelah melalui tahap ini, 3 kandidat ketua KMA telah terpilih, yaitu Tgk. A’maril Basyiri, Tgk.Fikri Aslami, dan Tgk. Najid Akhtiar. 

“Sistem pemilihan ketua KMA itu menggunakan system demokrasi syura, jadi kita menggunakan musyawarah sebagai landasan kita,” ujar Tgk. Azwani Putra ketua Majelis Syura periode 2018-2020 sebelum pemilihan berlangsung.

Tgk. Azwani Putra menjelaskan bahwa Majelis Syura mempertimbangkan banyak hal dalam memilih ketiga kandidat tersebut.

“Kami telah mempertimbangkan banyak hal untuk memilih ketiga kandidat ini, dan ketiga orang di depan kalian ini kami menilai sebagai sosok yang layak duduk disini, ketiganya adalah orang-orang hebat di KMA!” tegas Tgk. Azwani yang merupakan mantan ketua KMA ini. 

Setelah itu, Pemilihan ketua KMA periode 2019-2020 berlangsung dengan khidmat, seluruh anggota KMA tampak antusias dalam memilih pemimpin baru KMA. 

“Ini adalah penentu bagaimana KMA ke depan, oleh karena itu, pemilihan ini sangat penting bagi seluruh warga KMA,” ujar Zaid sebagai salah seorang anggota KMA. 

Setelah pemilihan berlangsung, Tgk. Hendri Julian dan Tgk. Farhan Jihadi selaku Syura memandu pemungutan suara dengan baik. Tgk. A’maril Basyiri kandidat pertama memperoleh 187 suara, Tgk. Fikri Aslami kandidat kedua memperoleh 57 suara, dan Tgk. Najid Akhtiar memperoleh 58 suara. Tgk. A’maril memperoleh suara terbanyak dan terpilih sebagai ketua KMA periode 2019-2020.

Serah terima jabatan dari Thaiburrifqi (kanan) ke ketua terpilih A'mari Basyiri. (Foto: Dok. KMA Mesir) 
Dalam kata-kata sambutan sebagai ketua KMA terpilih, Tgk. A’maril mengucapkan mohon maaf apabila dalam kepemimpinannya nanti terdapat kekurangan. Beliau juga menegaskan bahwasanya amanah ketua KMA merupakan sesuatu yang sangat berat, dan beliau memohon pada setiap warga KMA yang diminta untuk jadi pengurus untuk menerima amanah terserbut. 

“Amanah ketua KMA ini sesuatu yang sangat berat bagi saya, saya mohon maaf bila dalam setahun ke depan kepemimpinan saya terdapat cacat dan kurang, saya juga memohon bagi siapa saja yang nanti diminta menjadi pengurus, tolong diterima amanah itu, tolong bantu saya di KMA ini,” tegas Tgk. A’maril Basyiri yang disambut gemuruh tepuk tangan warga KMA. 

Acara pemilihan ketua KMA ini tidak terlepas dari andil panitia MDP yang juga diketuai oleh ketua KMA terpilih, Tgk. A’maril Basyiri.[]

Ali Akbar Alfata

No comments:

Item Reviewed: Tgk. A’maril Basyiri Terpilih Sebagai Nahkoda Baru KMA Mesir Periode 2019-2020 Rating: 5 Reviewed By: kmamesir