Wednesday, April 24, 2019

Belajar Bahasa Prancis [Part 1]

Oleh: Syafri Al Hafidzullah*
(Image: Syafti Al Hafidzullah)
A: Bonjour! Ça va? Comment t’appelles-tu? 
B: Bonjour! Ça va bien. Je m’appelle Alice. 

*** 
Pasti akrab kan dengan kalimat percakapan di atas? Ini pastinya adalah Bahasa Perancis (La Langue de Français). Salah satu bahasa populer yang menempati urutan ke-11 di dunia. Bahkan, digunakan secara resmi di 29 negara, salah satunya adalah negara Perancis. 

Mungkin para pembaca ada yang berkeinginan untuk sekolah di luar negeri, bekerja, atau berliburan, tapi belum bisa menguasai kecakapan berbahasa Prancis. Untuk itu, yuk simak penjelasan mengenai alphabet dan cara pengucapan dalam Bahasa Perancis dan jangan lupa download juga link audionya, ya. 

Pada umumnya, tulisan latin dalam Bahasa Perancis ini ada 26 huruf. Namun, sebagian ada yang mengatakan huruf K tidak dapat berdiri sendiri dan diucapkan. Sebagai gantinya, huruf Q lah yang menempati posisi sebagai pelafalan huruf K. Tetapi harus disandingkan dengan huruf vokal U. Jadi hanya 25 huruf dalam Bahasa Perancis. 

Di antara huruf-huruf tersebut di bagi menjadi dua. Huruf konsonan yang terdiri dari 20 huruf dan huruf vokal sebanyak 5 huruf. Namun, perlu diketahui, ada 5 huruf yang tidak dibaca pada akhir kata, yaitu: D, S, T, X, Z. 

Terlepas dari semua itu, pahamilah bahwa penulisan bahasa Prancis begitu jauh berbeda pada saat pengucapannya. 

Les alphabets 

1. A: Ami 
    Ai: Aide, lait, paix 
    Au: Auteur, mauvais 
    Huruf “ai” dibaca “e”, sedangkan “au” dibaca “o” 


2. B: Banane, balle, bas 

3. C
Ca: Capital, caméra 
Co: te, code  
Cu: Cuir, cuisine 
Ce: Place, glace 
Ci: Ici, merci
Ch: Chef, chat, chocolat 
Cl: Clé, classe 
Cr: Cris, cravate 

La cédille 
Ça: Ça va 
Ço: Garçon
Çu: Déçu

Kegunaan la cédille (huruf Ç, diucapkan seperti huruf S dalam bahasa Indonesia) adalah agar orang-orang dapat membedakan antara huruf “c” yang dilafalkan “k” dengan huruf “ç” yang dilafalkan huruf “s”. 

Nah, ingin tahu selanjutnya huruf apa saja? Nantikan part selanjutnya, ya. Kita akan belajar mengenai les accents (aksen). Selamat belajar!

Link audio download: Leçon de Français.[]

*Penulis adalah alumni Smart Club, Pelajar Institut Français d’Egypte.

No comments:

Item Reviewed: Belajar Bahasa Prancis [Part 1] Rating: 5 Reviewed By: kmamesir