Thursday, April 25, 2019

PPMI Mesir Kembali Adakan MTQ Internasional

Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Bapak Helmi Fauzi membukan MTQ Internasional. (Image: PPMI Mesir)
Kmamesir.org (25/4/2019). Persatuan Mahasiswa dan Pelajar Indonesia (PPMI) Mesir kembali mengadakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional, pada Senin (22/4). Acara yang merupakan salah satu agenda akbar dalam satu tahun ini berlangsung di Auditorium Shaikh Zayed Center di dalam kompleks Universitas Al-Azhar, Nasr City, Kairo. Acara yang dimulai pukul 11:00 waktu Kairo tersebut dibuka oleh bapak Helmy Fauzi, Duta Besar Indonesia untuk Mesir. 


MTQ Internasional ini merupakan mengorbit talenta-talenta di bidang tilawah, hifdzil Al-Quran dan juga khat dari berbagai mahasiswa asing yang belajar di Mesir, khususnya di Universitas Al-Azhar. Ajang ini juga dilaksanakan untuk mempererat silaturrahmi antar mahasiswa asing di Mesir.

Para tamu undangan terlihat turut hadir di antaranya perwakilan The World Association for Al-Azhar Graduates (WAAG), Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Atase Politik Kedutaan Republik Indonesia (KBRI) Mesir, dan Atase Pendidikan dan kebudayaan. Tak lupa Direktur Aulad Ragab, Bapak Muhammad Ragab; Duta Al-Azhar, Safir Abdurrahman Musa; dan direksi media Shaut Al-Azhar; Dr. Husam. 

Adapun nantinya kontestan dari berbagai negara akan bersaing di MTQ internasional tersebut di antaranya negara-negara yang menjadi peserta MTQ Internasional di antaranya: Indonesia, Malaysia, Filipina, Senegal, Singapura, Sri Langka, Turki, Tajikistan, Pakistan, Uganda, Afganistan, Kirgistan, Brunai Darussalam, Spanyol, Nigeria, Chad, Djibouti, Bangladesh, Irak dan Kazakhstan. 

“MTQ internasional yang di adakan PPMI tahun ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kita warga Indonesia yang menjadi penyelenggara acara ajang bergengsi ini,saya sendiri sangat bersemangat mendukung kontestan Indonesia yang akan tampil hari ini,” ujar Sayyid Humam Al–Haq salah seorang peserta.
Acara akbar ini terselengara berkat kerja sama PPMI Mesir dengan KBRI Cairo, Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan WAAG. MTQ Internasional ini berhasil menjaring 55 orang peserta yang berasal dari 20 Negara dengan dua cabang lomba, yaitu MTQ dan Musabaqah Hifdz Quran (MHQ).[]

Novian Nuzul Faza

No comments:

Item Reviewed: PPMI Mesir Kembali Adakan MTQ Internasional Rating: 5 Reviewed By: kmamesir