Monday, April 15, 2019

Senat Mahasiswa Ushuluddin Mesir Adakan Youm Ma'a Quran

Peserta Youm Ma'a Quran menyetor hafalan. (Image: Dok. Senat Ushuluddin)
Kmamesir.org (15/4/2019). Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Mesir mengadakan program “Youm Ma’a Quran”. Ini merupakan program terbaru yang untuk pertama kalinya diselenggarakan pada Jumat (12/4). Acara diadakan di dua titik; banat dipusatkan di aula Keluarga Paguyuban Masyarakat Jawa Barat (KPMJB); dan khusus untuk banin di aula Keluarga Mahasiswa Kalimantan Mesir (KMKM).


Acara Youm Ma'a Quran yang diikuti puluhan peserta ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa Al-Azhar terhadap Al-Quran yang sudah menjadi sumber pertama dalam Islam dan menjadi pokok kajian mahasiswa Al-Azhar. Agenda ini tidak hanya untuk mengkaji Al-Quran secara teoretis, tapi juga menuntut mahasiswa untuk menghafalkan kalam ilahi dan mampu untuk menuliskannya dalam bentuk tulisan yang pada akhir tahun ajaran akan diujikan dalam ujian syafawi dan ujian tahriri. 

Prosesi karantina Al-Quran dalam Youm Ma'a Quran berlangsung sangat intensif, hal ini dikarenakan jadwal yang telah diatur oleh panitia hingga peserta dituntut untuk menyetorkan secara sempurna juz yang akan diujiankan pada ujian syafawi mendatang dan juga di penghujung acara peserta diwajibkan mengikuti try out ujian tahriri Al-Quran 

Peserta Youm Ma'a Quran banat. (Image: Dok. Senat Fakultas Ushuluddin)
“Ini adalah event pertama di Masisir yang menfokuskan karantina Al-Quran dalam rangka persiapan ujian syafawi dan tahriri Al-Quran, kami berharap Senat Ushuluddin ke depan dan senat-senat lainnya bisa menjadikan event ini sebagai event tahunan,” saran Muhammad Aviv Nafiudin, ketua pelaksana acara. 

Peserta terlihat sangat antusias mengikuti acara tersebut hal itu terlihat di pasangrahan KPMJB yang dipenuhi oleh puluhan peserta yang terlihat sibuk menyetorkan hafalan mereka kepada para mentor.[]

Novian Nuzul Faza

No comments:

Item Reviewed: Senat Mahasiswa Ushuluddin Mesir Adakan Youm Ma'a Quran Rating: 5 Reviewed By: kmamesir