Sunday, April 14, 2019

WNI di Mesir Sudah Menggunakan Hak Pilihnya pada Pemilu 2019

Suasana TPS di KBRI Mesir (Foto: Dok. Kmamesir.org)

Kmamesir.org (13/4/2019). Warga Negara Indonesia (WNI) di Mesir sudah menggunakan hak pilihnya pada pemilihan umum (pemilu) 2019. Kegiatan pemilu mulai diselenggarakan pukul 08.00-18.00 CLT di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Mesir, Garden City, Kairo.

Pemilihan Umum bagi Masyarakat Indonesia di Mesir dilaksanakan dengan metode datang ke Tempat pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN). Ada sekitar 15 TPSLN yang telah disediakan bagi pemilih. Semuanya ditempatkan di KBRI Kairo.

Menurut data terakhir yang masuk, pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 7671 orang WNI, adapun pemilih yang menggunakan hak suaranya berjumlah 6247 orang WNI, atau sekitar 81,4 persen dari jumlah pemilih yang terdaftar. Namun, nantinya akan ada suara tambahan dari WNI yang tidak berdokumen di mana mereka juga menggunakan hak pilih mereka. Saat ini PPLN bekerjasama dengan KPPSLN sedang melakukan rekapitulasi ulang dari suara tambahan tersebut dengan presentase yang cukup baik.

Animo masyarakat Indonesia di Mesir untuk menggunakan suaranya pun tidak kalah dari masyarakat di Indonesia. Ini terlihat dari jumlah presentase pemilih yang terlihat cukup baik. Hal ini sebenarnya tidak terlepas dari sosialisasi yang dilakukan oleh panitia pemilihan luar negeri (PPLN) di berbagai kesempatan kepada seluruh elemen warga Indonesia di Mesir. 

Hal lain yang juga mendorong semangat warga Indonesia di Mesir untuk ke TPSLN melakukan pemilihan adalah disediakannya transportasi menuju TPSLN. Transportasi yang disediakan ini telah ditempatkan di berbgai titik keberadaan warga Indonesia di Mesir yang kebanyakan berada di kairo, seperti di 10th District (Hayy Asyir), Darrasah, Seventh District (Hayy Sabi’), dan lain-lain. 

Transportasi yang disediakan ini mengantar para pemilih menuju KBRI Kairo secara bergiliran. Hal ini sangat berpengaruh bagi antusiasme warga Indonesia di Mesir Menggunakan hak pilihnya.

“Saya sangat bangga menjadi bagian dari pemilih yang menggunakan hak suara saya untuk negeri kita yang lebih baik ke depannya, saya juga senang penyelenggara pemilu telah menyediakan transportasi ke TPSLN yang terbilang jauh dari tempat tinggal kami,” ujar Auza’i salah satu pemilih yang terdaftar di Tps 09 tersebut.

Adapun perhitungan suara akan dilaksanakan di KBRI Kairo pada tanggal 17 April 2019 bersamaan dengan Indonesia. Pemungutan suara akan dilakukan oleh PPLN Kairo dan disaksikan oleh Panwaslu serta Perwakilan saksi.

PPLN sendiri terdiri dari 5 orang anggota yang telah dilantik jauh-jauh hari oleh bapak Duta Besar (DUBES) Republik Indonesia untuk Mesir, Bapak Helmy Fauzi. Dalam melaksanakan rangkaian kegiatan pemilu, PPLN Kairo dibantu oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) yang beranggotakan 81 orang.[]

Ali Akbar Al-Fata

No comments:

Item Reviewed: WNI di Mesir Sudah Menggunakan Hak Pilihnya pada Pemilu 2019 Rating: 5 Reviewed By: kmamesir