Monday, July 15, 2019

Keputrian KMA Adakan Beut Perdana dan Sosialisasi Program

Ustazah Nur Balqis M.Pd.I sedang membawakan materi beut  (Image: Dok. Publikasi KMA)

Kmamesir.org (15/7/2019). Departemen Keputrian Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir kembali mengadakan beut (Pengajian) dan sosialisasi program Keputrian periode 2019/2020 di Meuligoe KMA, Jum’at (12/7), Madinat Nasr, Kairo. Acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswi Aceh dari setiap tingkatan. Selain itu, sesepuh perempuan KMA juga ikut mengikuti kajian beut dengan penuh semangat. 

Acara beut ini merupakan program dwi mingguan dari departemen keputrian yang telah dilaksanakan secara turun-temurun oleh akhwat KMA. Dan menghadirkan dua pemateri dari akhwat KMA sendiri untuk mengupas tentang Shirah Ashabiyyat dan Ilmu Fiqih, Untuk pemateri Shirah disampaikan langsung oleh Ustazah Novita Sari mahasiswi tingkat dua fakultas Bahasa Arab Al-Azhar, dan pemateri beut disampaikan oleh Ustazah Nur Balqis,M.Pd.I mahasiswi yang sedang mengambil gelar Doktornya di Institute of Arabic Research and Studies.

Ustazah Nada Thursina menjelaskan Program Keputrian. (Image: Dok. Publikasi KMA)
Acara ini paling dinanti-nantikan oleh akhwat KMA selain untuk menambah ilmu dan bertukar pikiran serta tanya jawab. Acara ini juga salah satu cara untuk menyambung silaturrahmi antar keputrian KMA yang terhalang oleh kesibukan masing-masing. Tak kalah menariknya antusiasme dari orang Tua KMA yang terlihat sangat fokus dalam menyimak setiap materi yang disampaikan.

Pada acara tersebut peserta yang terdiri hanya dari akhwat KMA dituntut untuk menguasai materi dan aktif dalam mempelajari ilmu agama agar nantinya dapat mengajarkan kepada yang lain. Karena bukankah perempuan akan menjadi madrasatul ula atau sekolah pertama bagi anak-anaknya kelak?

Setelah acara beut selesai, dilanjutkan dengan dengan sosialisasi program keputrian periode 2019-2020 untuk jangka setahun ke depan. Program yang disosialisasikan mendapatkan respon positif dari orang tua KMA dan keseruan tiba ketika program mencari destinasi wisata yang akan dikunjungi oleh seluruh akhwat KMA dalam waktu dekat.

“acara ini diadakan oleh kita untuk kita, bukan untuk pengurus keputrian saja. Supaya kita saling bantu-membantu dan bahu-membahu dalam menyukseskan setiap program yang bermanfaat untuk kita sendiri, karena inilah rumah kita, inilah keluarga kita, kalau bukan kita yang membangun dan menjaga, ya siapa lagi ?” Kata Ustazah Nada Thursina selaku ketua Keputrian periode 2019-2020.

Dan acara ini kemudian diakhiri dengan makan bersama di meuligoe KMA. Seperti halnya adat istiadat kita di Aceh, yaitu sedikit kenduri atau tasyakuran bersama setelah selesainya acara.[]

Suci Darmayanti

No comments:

Item Reviewed: Keputrian KMA Adakan Beut Perdana dan Sosialisasi Program Rating: 5 Reviewed By: kmamesir