Saturday, July 20, 2019

Menang Tipis atas Senegal Aljazair juara Piala Afrika 2019

(sumber: Instagram caf_online)
Kmamesir.org (20/7/2019). Aljazair berhasil meraih gelar juara Piala Afrika 2019 setelah menekuk Senegal dengan skor tipis 1-0 pada laga pamungkas yang dihelat di Cairo International Stadium, Kairo, Mesir. Jumat (19/7/2019) malam waktu kairo.

Tim asuhan Djamel Belmadi tampil dengan skuad terbaiknya, sedangkan senegal terasa pincang dilini belakang tanpa kehadiran Kalidou Koulibaly, pemain belakang Napoli itu mendapat hukuman larangan bermain karena terkena akumulasi kartu kuning. 


Aljazair yang melakoni partai final ketiga sepanjang sejarahnya unggul cepat berkat gol yg dicetak oleh Baghdad Bounedjah pada menit kedua. Striker Al-Sadd klub asal liga Qatar itu melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti setelah menerima umpan terobosan dari Ismael Bennacer, sepakan keras itu membentur di kaki Salif Sane yang mengisi Posisi Koulibaly. Namun sayang nya tanpa dia sadari bola malah mengarah ke gawang nya sendiri melalui pojok kiri atas, kiper Alfred Gomis hanya terdiam saat gol itu terjadi karena dia mengira bola akan keluar. 




Setelah tertinggal 0-1 tim asuhan Aliou Cissé terus meningkatkan intensitas serangan melalui penyerang andalan nya Sadio Mane, bintang Liverpool itu bahkan berkali-kali mampu membuat kocar-kacir lini pertahanan Aljazair.

(sumber: Instagram caf_online)
Selepas turun minum senegal masih mendominasi pertandingan, sedangkan Aljazair lebih memilih bermain bertahan. Pada menit ke 60, angin segar datang setelah wasit Neant Aliom menunjuk titik putih karena menganggap bola umpan Ismaila Sarr mengenai tangan dari Adlene Guedioura di kotak terlarang, namun keputusan itu ditinjau ulang dengan VAR dan wasit mengubah keputusannya. 

Senegal berhasil melepaskan 12 tendangan ke gawang dan 3 di antaranya on target sedangkan Aljazair hanya mampu melepaskan satu tendangan kegawang dan berbuah gol. Hingga akhir pertandingan tidak ada gol tambahan yang tercipta dan akhirnya Aljazair pun berhak atas gelar juara Piala Afrika 2019 sekaligus menjadi gelar kedua sepanjang sejarahnya setelah terakhir kali mereka meraihnya pada 29 tahun lalu. Sedangkan bagi senegal kegagalan di final ini merupakan yang kedua kalinya setelah kegagalan mereka di tahun 2002 silam.


Muhammad Ikbal

No comments:

Item Reviewed: Menang Tipis atas Senegal Aljazair juara Piala Afrika 2019 Rating: 5 Reviewed By: kmamesir