Tuesday, August 20, 2019

Gelar Saman Gayo Festival, Gayo Lues Hadirkan Hadiah Sebesar 73 Juta Rupiah


(sumber: gomuslim.co.id)
Kmamesir.org (20/8/19). Pemerintah kabupaten Gayo Lues provinsi Aceh menggelar kembali acara Saman Gayo Festifal dengan menghadirkan hadiah sebesar Rp 73 juta.  Festival ini berlangsung pada 19 sampai 21 Agustus di lapangan Seribu Bukit, Blangkejeren, Gayo Lues, Aceh. 



Saman Gayo Festival merupakan acara tahunan yang digelar oleh pemerintah Gayo Lues untuk menampilkan tarian tradisional khas suku Gayo. Pada kesempatan kali ini, Saman Gayo Festival mengangkat tema "Pancarkan Cahaya Aceh Melalui Seni Budaya". Selain tari saman, akan hadir pula grup-grup tari dari luar Gayo sebagai peserta lomba yang memperebutkan total hadiah 73 juta rupiah. 


"Saman Gayo dikenal sebagai tarian khas suku Gayo yang berasal dari Aceh. Selama adanya Festival Saman Gayo, masyarakat Gayo kini memiliki banyak ikatan saudara dari berbagai daerah. Awalnya tidak saling mengenal, berkat ikatan ketika bermain bersama di Festival Saman, akhirnya menjadi saudara" tutur Rusniati salah satu dari masyarakat Aceh bersuku Gayo. 


Ia juga menambahkan "baru-baru ini digelar juga Festival Saman Gayo yang mendatangkan 1000 lebih penari saman, menyatukan persaudaraan dari berbagai daerah dan beragam suku. Hingga tarian saman dikenal dunia dengan kemeriahannya".

Pengembangan Saman Gayo pun berkembang pesat hingga mancanegara. Hal ini dibuktikan karena ketertarikan masyarakat pada penampilan tarian khas Gayo dalam acara-acara besar seperti wisuda yang digelar di sekolahan dan acara besar lainnya. 


Festival ini juga menghadirkan aneka ragam kuliner dengan bumbu khas Aceh, guna mengisi perut kosong setiap penonton dan peserta. Di samping itu Juga adanya pameran produk-produk lokal, hingga sport tourism yang akan ikut serta memeriahkan gelaran Saman Gayo Festival. 

Dan salah satu pertunjukan yang paling dinantikan adalah penampilan massal tari Ratoh Jaroe yang dikolaborasikan dengan penampilan tari Saman.[]


Ardani Suburdin Daeman

No comments:

Item Reviewed: Gelar Saman Gayo Festival, Gayo Lues Hadirkan Hadiah Sebesar 73 Juta Rupiah Rating: 5 Reviewed By: kmamesir