Monday, November 18, 2019

Merajut Ukhuwah, Memupuk Iman & Taqwa; Keputrian Gelar MABIT di KMA

Peserta lomba mewarnai tingkat anak-anak (dok. kmamesir.org)
Kmamesir.org (18/11/19). Departemen Keputrian Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) gelar acara Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT). Salah satu program keputrian masa khidmah 2019-2020 ini berlangsung di Meuligoe KMA, Hay ‘Asyir, Nasr city.

Peserta merupakan seluruh akhwat KMA, baik yang masih single hingga yang sudah berkeluarga, semuanya antusias meramaikan acara kali ini. Sebelum pukul 16:00 CLT, Meuligoe telah dipadati oleh putroe-putroe KMA dikarenakan berlaku denda bagi yang datang setelah waktu tersebut. 


Acara ini berlangsung khidmat dengan khataman Al-Quran sebagai agenda awal MABIT, setiap peserta akan membaca Al-Quran sesuai jatah juz yang sudah ditetapkan oleh panitia. Selepas salat magrib berjamaah, acara semakin meriah oleh rentetan perlombaan yang telah disediakan. Dimulai dengan perlombaan "kata berantai" yang diikuti oleh delapan kelompok dengan anggota masing-masing delapan orang per tiap kelompoknya. Selanjutnya juga ada lomba mewarnai bagi anak-anak. 



Setelah kedua lomba tersebut selesai, acara pun dilanjutkan dengan lomba yang telah disediakan untuk madam-madam, yaitu make up dan rias hijab syar’i. Setelah rentetan semua perlombaan sukses dilaksanakan, panitia pun langsung mengumumkan pemenang dari tiap-tiap lomba. Tersedia juara satu dan dua untuk lomba ‘Kata Berantai’ dan make up. Sedangkan untuk lomba mewarnai tersedia hadiah untuk semua anak-anak. Usai shalat Isya, seluruh putroe pun diminta untuk segera tidur istirahat supaya bisa bangun cepat untuk melaksanakan salat tahajud berjamaah. 

Selesai melaksanakan salat tahajud berjamaah, agenda pun dilanjut dengan muhasabah diri dan nasihat nan menggentarkan hati juga mencucurkan air mata yang diisi oleh Saudari Ayu Hariati. Dalam kalamnya, beliau memaparkan bahwa tujuan hidup di dunia ini tidak lain hanyalah untuk mempersiapkan bekal di akhirat nanti. Pun kembali mengingatkan bahwa ada amanah besar di pundak masing-masing thalabul ilmi yang berangkat ke Mesir agar jangan menyia-nyiakan waktu dan terus belajar menuntut ilmu. 
Sedang berlangsung lomba kalimat berantai antar rumah (dok. kmamesir.org)
Beliau juga mengajak untuk sama-sama kembali mengingat bagaimana perjuangan dan kasih sayang Rasulullah Saw. terhadap umatnya serta jangan sampai mengecewakan orang tua yang telah sangat berjasa bagi kelangsungan proses belajar di negeri ini. 

“Alhamdulillah dengan adanya mabit ini silaturrahim antar akhwat semakin erat, apalagi acara ini diisi dengan hal-hal positif. Pokoknya MABIT selalu menjadi salah satu agenda favorit saya yang diselenggarakan oleh keputrian KMA,” ungkap Mira mengapresiasi acara rutin tahunan ini. 

Tidak sampai disini, usai shalat subuh berjamaah acara dilanjutkan dengan senam dan nonton sekaligus nge-rujak bareng. Kemudian setelah semua rentetan agenda terselesaikan, acara pun diakhiri dengan sarapan dan gotong royong di Meuligoe.[]

Diffa Cahyani Siraj

No comments:

Item Reviewed: Merajut Ukhuwah, Memupuk Iman & Taqwa; Keputrian Gelar MABIT di KMA Rating: 5 Reviewed By: kmamesir