Tuesday, December 17, 2019

Putra Meureudu Raih Cum Laude di Kairo

Rahmat Fadhillah. (Image: Dok. KMA Mesir)
Kmamesir.org (17/12/19). Rahmat Fadhillah mahasiswa asal Meureudu, Aceh, berhasil menyelesaikan program studi magister bidang pendidikan dengan memperoleh predikat cum laude di Institute of Arab Research and Studies (IARS), Minggu (15/12), Kairo. 

Mahasiswa asal Meureudu Pidie Jaya ini sempat menyelesaikan program studi sarjananya di Universitas Islam Negeri (UIN) ar-Raniry pada bidang Tarbiah Bahasa Arab dan juga sempat mengenyam pendidikan aliah di Pondok Pesantren Ruhul Islam Anak Bangsa, Aceh Besar. 

Risalah Tesis yang berjudul “Istikhdam ath-Thariqatain al-Istiqraiyah wal Qiyasiyah li at-Tanmiyati maharati an-Nahwi lada Thullab Ma’had ar-Ruhul Islam al-‘Ashri bii Indunisia” atau Penggunaan Metode Induktif dan Deduktif Ilmu Nahwu dalam Pengembangan Kemampuan Siswa Madrasah Ruhul Islam Anak Bangsa di Indonesia, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Tsana Abdul Mun'im Rajab, pakar metode pembelajaran bahasa Arab dan ilmu Islam Universitas A’in Syams. Tesis Rahmat diuji oleh dua guru besar pakar metode pembelajaran bahasa Arab yaitu Prof. Dr. Mustafa Ruslan dan Prof. Dr. Rim Ahmad Abdul ‘Adhim.

Rahmat berfoto bersama Prof. Dr. Tsana Abdul Mun'im Rajab (paling kiri), Prof. Dr. Mustafa Ruslan (tengah) dan Prof. Dr. Rim Ahmad Abdul ‘Adhim (paling kanan). (Image: Dok. KMA Mesir)
Rahmat tiba di Mesir pada tahun 2016 sebagai salah satu penerima beasiswa Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia (LPSDM) Aceh. Ia berhasil menyelesaikan program masternya selama empat tahun dengan lancar, dua tahun tamhidi (magister non-research) dan dua tahun menulis tesis (magister by research). 

“Terima kasih ateuh antusias warga KMA, dan bantuan rakan-rakan selama nyoe di Mesir, dan kepada pemerintah Aceh melalui LPSDM yang sudah memberikan beasiswa kepada kami selama menuntut ilmu di Mesir” ujar Rahmat. 

Selama dua jam, sidang tesis berlangsung lancar dengan dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari kerabat, mahasiswa Indonesia serta mahasiswa asing.

“Ikut bangga dengan prestasi cum laude yang dicapai oleh Tgk. Rahmat Fadhillah, ini untuk ke sekian kalinya anggota KMA yang berhasil menyelesaikan studi dan pulang nantinya dengan membawa ilmu yang insyallah siap untuk di aplikasikan di bumi Aceh demi majunya pendidikan kita di Aceh,” ujar ‘Amaril Basyiriy, ketua Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA).[] 

Teuku Rizki Maulana Utama

No comments:

Item Reviewed: Putra Meureudu Raih Cum Laude di Kairo Rating: 5 Reviewed By: kmamesir