Wednesday, December 18, 2019

Sambut Ujian Termin Satu, Keputrian KMA Mesir Ziarahi Makam Sahabat Nabi dan Ulama

Keputrian KMA di makam Imam Syarqawi yang hidup pada masa 1150-1227 H  (Foto: Dok. KMA Mesir)
Kmamesir.org (18/12/19). Sebelum mamasuki ujian termin satu, Keputrian Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir mengadakan Rihlah Mahabbah-Ziarah Maqam Aulia, pada Minggu (14/12), Kairo. Acara yang khusus diperuntukkan untuk putroe-putroe KMA ini bertujuan untuk menziarahi dan mengenang kehidupan sahabat Nabi serta para ulama. 


Rihlah Mahabbah yang dipandu oleh Tengku Rizky Syahputra ini diawali dengan berziarah ke makam Imam Syarqawi, dan diakhiri dengan melaksanakan salat Isya di masjid Amru bin ‘Ash, yang merupakan masjid pertama di benua Afrika. Rizki Syahputra mengatakan bahwa berziarah merupakan sunnah Nabi, dan amalan ini juga rutin dilakukan oleh mahasiswa Al-Azhar menjelang ujian, untuk bertawashul dan menyucikan diri.

Keputrian KMA menziarahi beberapa makam para sahabat Nabi seperti Uqbah bin Amir dan Amru bin ‘Ash, sedangkan makam ahlul bait dan para ulama yang berhasil diziarahi di antarnya makam Saidah Nafisah, Saidah Zainab, Imam Syafii, Imam Muzani, Imam Laist bin Saad, Imam Ibnu Hajar Al-Ashqalani, Imam Syatibi, Imam Ibnu Ataillah as-Sakandari, Imam Dzunun Misri, Imam Ibnu Abi Zamrah dan lain-lain. 

Para peserta Rihlah Mahabbah mengungkapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada Keputrian KMA yang mengadakan acara Rihlah Mahabbah sehingga bisa berziarah kepada makam ulama yang sering kita dengar namanya. Bagi peserta, manfaat menziarahi makam ulama juga mampu meningkatkan semangat belajar. 

"Berziarah ke makam para ulama sangat bermanfaat dan bahagia karena bersama keluarga KMA," tutur Fitri Rahmah, peserta ziarah maqam aulia.

Baca juga: Tengku Rizki Syahputra: Ziarah ke Makam Aulia Adalah Sunnah Nabi

"Keputian KMA berterima kasih kepada pembimbing, pendamping, anggota keputrian, serta semua peserta yang dengan seksama mentukseskan kegiatan ini. Semoga terhitung pahala di sisi Allah Swt," ujar Nada Thursina, Ketua Keputrian KMA.[]

Ardani Suburdin

No comments:

Item Reviewed: Sambut Ujian Termin Satu, Keputrian KMA Mesir Ziarahi Makam Sahabat Nabi dan Ulama Rating: 5 Reviewed By: kmamesir