Sunday, February 9, 2020

KMA Adakan ORMABA, Geunaseh 19 Dipeusijuek

Foto bersama usai acara ORMABA. (sumber: dok.kmamesir.org)
Kmamesir.org (09/02/20). Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir menyelenggarakan Orientasi Mahasiswa Baru (ORMABA) KMA 2019 pada jumat lalu (7/2). Acara ini  diselenggarakan selama dua hari berturut-turut yaitu tanggal 7 dan 8 Februari bertempat di Meuligoe KMA. 

Mahasiswa baru dari Aceh yang berangkat ke Mesir tercatat sebanyak 63 orang. Walau tidak banyak seperti tahun-tahun sebelumnya, antusiasme mahasiswa baru tahun ini begitu tinggi. Hal itu tampak dari semangat mereka selama acara berlangsung. Terlebih, materi-materi yang disampaikan merupakan hal-hal yang begitu menarik dan penting untuk mereka ketahui yaitu tentang Mesir, Al-Azhar, dan KMA, ketiga hal tersebut merupakan tiga identitas utama mereka selama berada disini. 


Pada hari pertama, ORMABA dimulai dengan pemaparan materi tentang Al-Azhar oleh Zaky Mubarrak, Lc. Al-Hafidz. Beliau menjelaskan tentang bagaimana niat kita berangkat ke negeri anbiya ini, tak lupa pula penjelasan tentang apa sebenarnya manhaj yang Al-Azhar ajarkan dan bagaimaana seharusnya seorang Azhari sejati itu. Kemudian, dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Mesir oleh Mursalin Abdul Rani, Lc., Dipl. Beliau merincikan apa saja yang menjadi gangguan seorang penuntut ilmu ketika berada di Mesir. Terakhir, Thaiburrifqi Ananda, Lc., Dipl memaparkan tentang KMA, mulai dari sejarahnya, hingga bagaimana berperilaku selayaknya anggota KMA yang sejati. 
Perkenalan media KMA di hari kedua. (sumber: dok.kmamesir.org)
Di hari kedua, dimulai dengan pengenalan media KMA kepada mahasiswa baru. Muhammad Sidqi memperkenalkan Buletin El-Asyi, Alif Kusnadi memperkenalkan website kmamesir.org, sementara Sekolah menulis diperkenalkan oleh Muhammad Mutawalli lengkap dengan tips menulis darinya, dan yang terakhir KMA Tv yang diperkenalan oleh Fikri Aslami, Lc. 

A’maril Basyiriy, Lc. selaku ketua KMA mensosialisasikan INTIF (Izin Tinggal Kolektif) serta pentingnya Visa dan tata cara memperpanjang visa di mesir, agar memudahkan mahasiswa baru. 


Acara dilanjutkan dengan penampilan bakat dari mahasiswa baru yang bertajuk Aceh’s Got Talents, ada yang menampilkan puisi, nasyid, dan lain sebagainya. Adapun dari mahasiswi baru mengadakan lomba hias bolu cepat. Setelah itu, ada acara pemilihan ketua leting kedatangan 2019 serta pembentukan leting. “Geunaseh19” terpilih sebagai nama leting kedatangan 2019. Acara diakhiri dengan peusijuek leting “geunaseh19” oleh Ketua KMA. 

“Semoga leting kalian kompak dan menjaga silaturahmi sesama kalian. Dengan ini kalian juga harus menjaga norma-norma kalian sebagai orang Aceh, sebagai penuntut ilmu, dan sebagai warga KMA. Semoga kalian sukses” ujar ketua KMA saat prosesi Peusijuek.[]


Ali Akbar Al-Fata

No comments:

Item Reviewed: KMA Adakan ORMABA, Geunaseh 19 Dipeusijuek Rating: 5 Reviewed By: kmamesir