Sunday, February 23, 2020

Sekolah Menulis KMA Launching 31 buku dan Adakan Talkshow Bersama Tim Buku Kisah Inspiratif

Foto bersama usai launching buku sebanyak 30 siswa sekolah menulis KMA. (sumber: dok.kmamesir.org)
Kmamesir.org (23/02/20). Sekolah Menulis Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir launching 31 buku karya siswa Sekolah Menulis generasi kesembilan pada Sabtu malam (22/2) di Meuligoe Aceh.



Sekolah Menulis KMA di bawah naungan kepala sekolah Muhammad Mutawalli bersama para editor dan anggotanya berhasil merampungkan sebanyak 31 naskah karya orisinil generasi kesembilan berupa tulisan fiksi dan non-fiksi yang kini sudah bisa dinikmati oleh penggemar literasi.



Program Sekolah Menulis KMA periode tahun 2019 ini telah selesai berjalan selama jangka waktu 40 hari lamanya, dan tentunya dengan beberapa peraturan dan ketentuan yang berlaku menyesuaikan dengan jenis tulisan yang mereka pilih (fiksi/non-fiksi). Sejumlah 30 orang murid diarahkan kepada para editor naskah mereka masing-masing serta dalam beberapa kesempatan juga diadakan sunting naskah bersama.


“Perasaan sangat bahagia, tadi malam saya merasakan hasil karya yang kami perjuangkan selama ini tidak sia-sia dan telah membuahkan hasil yang nyata,” ungkap Munawwarah Ishak, salah satu siswa Sekolah Menulis KMA yang berhasil menyelesaikan naskah novelnya "Semanis Aurora Borealis".

Talkshow bersama tim buku kisah inspiratif. (sumber: dok.kmamesir.org)
Pada kesempatan ini juga, diadakan talkshow bersama tim khusus Sekolah Menulis yang terdiri dari tujuh anggota telah menerbitkan buku “Butiran Hikmah Dari Negeri Para Nabi”. 

buku antologi cerpen ini merupakan gagasan yang lahir dari banyaknya karya tulisan yang inspiratif dari para penulis pendahulu KMA dan generasi literasi KMA sekarang, dicoba untuk dibukukan dan diedit oleh tim Sekolah Menulis. kumpulan kisah-kisah nyata dari orang-orang biasa yang tak pernah putus asa tersebut telah diterbitkan oleh penerbit buku Quanta di Indonesia. 

Bukan suatu proses yang mudah, perampungan naskah-naskah ini memakan waktu dan usaha yang cukup banyak, mulai dari pembentukan tim, pengumpulan naskah dari penulis lama, pencarian volunteer untuk menambah kisah inspiratif baru, proses editing yang sangat detail, pengiriman naskah pada penerbit hingga diterima untuk diterbitkan lalu dicetak. 

Berkat kegigihan, tekad kuat dan konsistensi dari tim Sekolah Menulis, buku dengan gambar sampul anak perempuan manis berkerudung merah jambu yang merangkul seikat bunga matahari itu kini sudah bisa didapatkan di seluruh toko buku Gramedia tanah air, pastinya dengan harga terjangkau. 

Cover Buku Butiran Hikmah Dari Negeri Para Nabi yang diterbitkan oleh penerbit Quanta
“Dengan penerbitan buku butiran hikmah ini, tidak hanya untuk warga KMA saja, namun kita harapkan bisa jauh menebarkan manfaat untuk semua pembaca di luar sana. Semoga penerbitan ini bukan hanya sekali ini saja, melainkan bisa diteruskan pada karya-karya selanjutnya” kata Ketua KMA (periode 2018/2019) H. Thaiburrifqi Ananda, Lc.  dalam talkshow buku “Butiran Hikmah Dari Negeri Para Nabi”.

Acara yang berlangsung sejak selepas ashar hingga pukul 9 malam itu melewati berbagai rangkaian agenda mulai dari talkshow, launching, hingga giveaway buku "Butiran Hikmah Dari Negeri Para Nabi" untuk dua postingan Instagram dengan caption terbaik, sekaligus tasyakuran dari para awardee beasiswa Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh.

Setelah doa penutup agenda tasyakuran, belasan kambing digulingkan sebagai santapan malam yang dihidangkan secara prasmanan untuk seluruh warga KMA yang hadir, para pencari ilmu dari Aceh ini pun sangat menikmati hasil masakan koki-koki handal KMA.[]


Setia Farah Dhiba

No comments:

Item Reviewed: Sekolah Menulis KMA Launching 31 buku dan Adakan Talkshow Bersama Tim Buku Kisah Inspiratif Rating: 5 Reviewed By: kmamesir