Monday, February 10, 2020

Tari Saman Meriahkan Grand Opening Pekan Olahraga Masisir

Performance tari saman pada Grand Opening POM. (sumber: dok.kmamesir.org)
Kmamesir.org (11/02/20). Grup Tari Saman Sanggar Aneuk Nanggroe Egypt sukses memeriahkan Grand Opening Pekan Olahraga Masisir (POM) yang diselenggarakan di Lutus Park, Nasr city, Cairo pada sabtu (8/2). 


Acara ini merupakan event olahraga tahunan yang diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir. hanya saja dengan nama yang bervariasi dari Piala President, Liga Masisir dan beberapa nama lainnya. Uniknya pada tahun ini PPMI menyelenggarakannya dengan konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu hanya diperlombakan pada cabang sepak bola saja, maka pada tahun ini mereka mengadakannya dalam konsep olimpiade serta menghadirkan lomba lomba yang jarang diadakan di kalangan Masisir dari sepak Takraw, Biliar, Marathon, Catur dan lainnya. 

Baca juga: KMA Adakan ORMABA, Geunaseh 19 Dipeusijuek

Maka tidak heran pada Grand Opening bergengsi ini mereka mengundang Tari Saman dari Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) yang memiliki unsur religius, kepahlawanan dan kebersamaan untuk tampil. Hal tersebut dapat dilihat dari barisan penari yang rapat diambil dari saf salat jamaah serta gerakan dan syairnya yang semula lambat kemudian cepat diambil dari gerakan dan bacaan zikir bersama. 

“Alhamdulilah Grand Opening ini berjalan cukup meriah, terima kasih buat panitia telah mengundang kami di acara bergengsi ini, walaupun ada beberapa kendala seperti tidak adanya microphone dan lainnya, semoga acaranya makin meriah dan lancar kedepannya” ungkap salah satu anggota tim Saman. 

Perlombaan cabang marathon. (sumber: dok.kmamesir.org)
Pembukaan acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-quran disusul kata-kata sambutan dari ketua panitia serta pembukaan secara simbiolis dengan pemotongan pita. Kemudian disambung oleh Master of Ceremony (MC) yang mempersilahkan Tari Saman untuk tampil. 

Setelah Grand Opening tersebut langsung di susul dengan perlombaan Marathon yang diperkirakan mencapai 45 peserta perwakilan dari tiap kekeluargaan. 

Dengan bermottokan “Bring Your Game Not Your Name” diharapkan peserta makin semangat dan menjunjung tinggi nilai sportivitas dalam bertanding. 

“Mari keluarkan seluruh potensi dan sportifitasmu dalam ajang ini sehingga menjadi bukti bahwa namamu pantas untuk dikenang” tegas Derry ismail selaku ketua panitia ketika diwawancarai reporter kmamesir.org.[] 


Muhammad Dany 

No comments:

Item Reviewed: Tari Saman Meriahkan Grand Opening Pekan Olahraga Masisir Rating: 5 Reviewed By: kmamesir