Thursday, April 23, 2020

Dilantik di Tengah Pandemi, Tgk. Fikri Aslami Siap Nahkodai Bahtera KMA

Badan Pengurus Harian dan Koordinator Bagian masa bakti 2020-2021. (Dok. KMA Mesir).
Kmamesir.org. (23/04/2020). Keluarga Mahasiswa Aceh kembali mengadakan pelantikan Dewan Pengurus dan pengenalan Majelis Syura, pada Rabu (22/4) di Meuligoe Aceh. Pelantikan kali ini dilakukan berbeda dengan sebelumnya. Tgk. Fikri Aslami dan jajaran pengurus dilantik di tengah pandemi virus corona. Perkenalan majelis juga dilakukan di waktu yang sama, yaitu setelah pelantikan pengurus. 

Pelantikan biasanya dihadiri seluruh pengurus yang dilantik, kali ini pelantikan hanya dihadiri Badan Pengurus Harian (BPH) dan koordinator setiap bidangnya. Mengingat himbauan resmi dari pemerintah Mesir tentang larangan pengumpulan massa dalam jumlah banyak dan penerapan sosial distancing
Sambutan Tgk. Riski Syahputra, Koordinator Majelis Syura masa bakti 2020-2022. (Dok. KMA Mesir).
Walaupun demikian, acara disiarkan secara live streaming di akun resmi Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir. Sehingga bisa disaksikan langsung oleh masyarakat KMA. Dipandu oleh Mc berpengalaman Muhammad Asyraf, acara dibuka dengan pembacaan ayat suci al-Quran oleh Muhammad Aufa Alwan. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua panitia acara pelantikan Tgk. Muhammad Nafis Akhtiar, Lc. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan terlaksananya acara ini. Beliau juga menuturkan bahwa acara kali berbeda dengan acara-acara pelantikan sebelumnya, oleh karena itu diperlukan penyesuaian sistem agenda acara. 

Dilanjutkan dengan pelantikan secara simbolis Dewan Pengurus masa bakti 2020-2021, yang dipandu langsung oleh Koordinator Majelis Syura, Tgk. Rizki Syahputra, Lc., Dipl. Diikuti dengan ritual peusijuk secara adat Aceh, memanjatkan doa dan harapan kepada Allah, lalu merintikkan air dan menyuapkan bu leukat (nasi beras ketan kuning) kepada pengurus yang berhadir.  Persis seperti adat masyarakat Aceh pada umumnya. Peusijuk dilakukan oleh Tgk. Azwani Putra, Lc. Dipl. mewakili orang tua di KMA. 
Struktur Majelis Syura Ikhwan masa bakti 2020-2022. (Dok. KMA Mesir).
Selanjutnya pengenalan struktur Majelis Syura 2020-2022 oleh Tgk. Muhammad Najid Akhtiar Lc. selaku Juru Bicara Majelis Syura. Pengenalan berlangsung renyah dan penuh gelak tawa lantaran humor-humor yang dilontarkan Tgk. Najid. Setelah pengenalan singkat, barulah Koordinator Majelis Syura menyampaikan kata-kata sambutannya. 

Dalam kata sambutannya Tgk. Riski Syahputra menyebutkan pentingnya rasa ikhlas dalam mengabdi pada masyarakat. Beliau menceritakan penggalan-penggalan kisah Grand Syekh al-Azhar, Prof. Dr. Ahmad Thayyeb sebagai contoh yang sangat dekat dengan mahasiswa al-Azhar, dalam mengabdi dan memperjuangkan Islam Rahmatal lil ‘alamin. Beliau juga mengingatkan pentingnya menjunjung tinggi manhaj dan ilmu-ilmu yang diajarkan oleh al-Azhar. 
Majelis Syura Akhwat masa bakti 2020-2022. (Dok. KMA Mesir).
“Dalam bermasyarakat, harapnya kita bisa menjadi segumpal tanah yang subur sehingga membuat bunga-bunga terus bermekaran. Orang mukmin itu selayaknya tidak menjadi bintang, namun menjadi tanah yang bisa bermanfaat bagi orang lain” ungkap beliau di akhir sambutan, mengutip untaian hikmah dari kalam-kalam para ulama. 

Acara diakhiri dengan makan rendang ala kadar mengingat acara pelantikan bertepatan dengan tradisi meugang di Aceh. Acara juga berlangsung khidmat dengan romansa penuh kedekatan dan keakraban sebagai sesama Mahasiswa Aceh di Mesir. Roda kehidupan harus terus berjalan, tak boleh hanya karena suatu hal kita tertahan. Begitulah sepertinya slogan yang cocok untuk kondisi sementara ini. 


Annas Muttaqin




Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Dilantik di Tengah Pandemi, Tgk. Fikri Aslami Siap Nahkodai Bahtera KMA Rating: 5 Reviewed By: kmamesir