Saturday, April 11, 2020

Mesir Lockdown, KMA Adakan Mubes Online

Poster Selebaran MMS & MDP 2020 (Dok. Panitia MDP '20)


Kmamesir.org. (11/04/2020). Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir akan melaksanakan musyawarah besar secara online, pada Selasa (14/04) di Meuligoe Aceh, Hayy Asyir. Acara tersebut menghimpun dua kegiatan besar di KMA; Muhasabah Majelis Syura dan Muhasabah Dewan Pengurus.  


Diadakannya Mubes secara online ini merupakan pertama kalinya selama kegiatan di KMA. Ini dikarenakan adanya peraturan pemerintah setempat yang melarang segala bentuk perkumpulan juga pemberlakuan jam malam bagi seluruh masyarakat.

Acara ini merupakan agenda rutin yang wajib dihadiri seluruh warga KMA di setiap tahunnya. Beda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan di Meuligoe Aceh, warga bisa hadir semuanya. Namun tahun ini dengan adanya larangan perkumpulan dan berlakunya jam malam, maka dua acara tersebut akan disiarkan secara streaming di grup Facebook. Selain pembacaan laporan pertanggungjawaban dari majelis syura dan dewan pengurus, acara ini turut mempelopori pemilihan majelis syura dan ketua KMA yang baru. 

Info Muhasabah (Dok. Panitia MDP '20)

“Untuk mekanisme sidang onlinenya akan berlangsung di grup facebook, jadi grup itu akan kita bagi sehari sebelum acara pada tanggal 13 April, dan sekaligus open gate. Semua bahan-bahan persidangan diupload seperti LPJ Majelis Syura dan Pengurus, qanun-qanun baru, dan semua yang berkaitan akan kita upload di grup tersebut. Sehingga nanti di hari H, pemilihan ketua dan perhitungan suara juga disitu. Untuk pemilihan Ketua KMA akan menggunakan Google form yang akan kita bagikan ke semua anggota KMA melalui WA, sedangkan perhitungan suara tetap kita adakan di KMA langsung.” Kata ketua panitia, Muhammad Nafis Akhtiar, dalam wawancara bersama Kmamesir.org

Ada yang menarik di tentatif acara tahun ini yaitu LPJ Pengurus dan pemutaran video dokumenter pengurus di siang hari, lalu penyebaran link untuk angket pemilihan Ketua KMA Baru. Setelah itu dilanjutkan dengan LPJ Majelis Syura dan sosialisasi qanun-qanun baru dan lainnya. Kemudian perhitungan suara akan dilakukan setelah majelis syura selesai membacakan laporan. 

Info Muhasabah (Dok. Panitia MDP '20)


“Untuk pemilihan jangan lupa mengisi formulir/data diri anda dengan benar karena absensi untuk acara kali ini kita ambil di pengisian Google form. Jadi bagi yang tidak mengisi Google form tersebut dianggap tidak menghadiri acara MMS & MDP dan juga akan dikurangi poin jatah TEMUS-nya. Jika nanti ada pertanyaan, komentar atau sanggahan boleh disampaikan langsung di grup FB tersebut. LPJ-nya akan kita upload sehari sebelum acara berikut LPJ, dokumen dan berkas-berkas lainnya. Silahkan dibaca terlebih dahulu di rumah, karena acaranya nanti akan singkat kita usahakan selesai secepatnya sehingga tak mengganggu jam malam. Sekian info dari panitia, semoga acara berjalan sukses!” ucap Muhammad Nafis Akhtiar. 

Republik Arab Mesir sudah memasuki minggu keempat masa lockdown bagi masyarakat. Mesir dan beberapa negara lain berlakukan lockdown dan jam malam selama masa pandemi corona. Pandemi ini muncul di akhir tahun 2019 dan hingga saat ini masih terus menyebar. Pemberlakuan jam malam sudah masuk minggu ketiga, ini langkah yang diambil pemerintah setempat sebagai antisipasi penyebaran virus corona pada masyarakat. Maka dari itu panitia mengadakan acara ini secara online agar kegiatan KMA terus berjalan dan warga KMA tetap sehat berada di rumah.[]


Muhammad Syukran
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Mesir Lockdown, KMA Adakan Mubes Online Rating: 5 Reviewed By: kmamesir