Tuesday, August 11, 2020

Seniman Ibrahim Sharqawi Tutup Usia

Ibrahim Sharqawi

Kmamesir.org. (11/08/2020). Seniman Ibrahim Sharqawi dikabarkan tutup usia pada Minggu (9/8) pukul lima sore waktu Kairo. Beliau meniggal dunia pada usia 72 tahun setelah berjuang melawan penyakitnya. Almarhum Ibrahim Sharqawi lahir pada tanggal 3 April 1948. Pada tahun 1975, beliau memperoleh gelar Bachelor of Arts (BA) dari Institut Tinggi Seni Drama. Ia bersama tiga temannya Faruk El-Fishawy, Mahmoud Masoud dan Wajdi Al-Arabi merupakan mahasiswa unggul saat menempuh pendidikan di bangku kuliah. 

Kemudian ia bekerja di stasiun radio dan televisi, serta sempat bergelut di bidang teater. Pada masa hidupnya, ia juga ikut bergabung dengan kelompok Teater Nasional dan turut berpartisipasi melahirkan banyak karya pada tahun delapan puluh-an. 




Beberapa karya terkenal lahir dari tangan Ibrahim, diantaranya adalah skenario film yang berjudul Al-Harafisy, Al-Halfout dan An-Namr wal Unst. Selain itu, naskah drama yang ditulis oleh Ibrahim berhasil menyabet juara dalam ajang perlombaan teater, yaitu drama Al-Faris wal Asiirah yang dibintangi oleh Nur Syarif dan Firdaus Abdul Hamid. 

Ibrahim juga ikut membintangi Majnun Layla. Drama tersebut berhasil menarik perhatian sutradara karena bakat dan karyanya yang sungguh sinematik dan dramatis serta mampu menjiwainya dengan baik. Beberapa filmnya seperti Muhammad Rasulullah, Arabisk dan Harun Ar-Rasyid juga pernah ditayangkan di TV.




Syafri Al-Hafidzullah

Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Seniman Ibrahim Sharqawi Tutup Usia Rating: 5 Reviewed By: kmamesir