Friday, September 25, 2020

Mahasiswa Aceh di Mesir Adakan Samadiyah untuk Syekh Nuruddin 'Itr

Sumber: (Dok.Pribadi)
Kmamesir.org - Mahasiswa Aceh di Mesir mengadakan samadiyah (tahlilan) dan doa bersama untuk Syekh Nuruddin 'Itr pada kamis (24/09). Acara dimulai pukul 19.15 clt di Meuligoe KMA.

Selain diselenggarakan untuk Syekh Nuruddin 'Itr, samadiah dan doa bersama juga diadakan untuk beberapa kerabat warga KMA yang telah berpulang pula beberapa waktu lalu.

Acara diawali dengan membaca zikir dan doa bersama kemudian dilanjutkan dengan shalat ghaib. Setelah prosesi zikir, doa bersama, serta shalat ghaib dilaksanakan, moderator mempersilakan keluarga yang ditinggalkan untuk sedikit menceritakan kisah almarhum semasa hidupnya. Tak luput pula, salah satu murid Syekh Nuruddin 'Itr menceritakan sosok gurunya serta pengalaman beliau saat berguru bersama ulama hadis asal Suriah tersebut.

Sumber: (Dok. KMA)
"Syekh Nuruddin merupakan sosok ulama hadis yang sangat luar biasa. Sedari kecil, beliau sudah mengikuti majelis hadis, beliau terus konsisten hingga masa aliyah. Setelah itu, syekh Nuruddin melanjutkan pendidikan beliau di Al-Azhar sampai jenjang doktoral, bahkan disertasi beliau saat itu dianugerahi predikat martabah syaraf ula oleh Al-Azhar. Dalam mengajar, Syekh Nuruddin juga terkenal sangat lembut dan tawaduk." ungkap Rizky Syahputra.

Rizky juga menegaskan bahwasanya memang meninggalnya seorang ulama adalah sebuah kesedihan besar. Namun, hal yang lebih menyedihkan lagi adalah kurangnya regenerasi untuk menggantikan ulama yang telah meninggalkan kita tersebut.

Acara malam itu diakhiri dengan sedikit wejangan santai untuk sama-sama kembali mengingat kematian yang pasti akan menghampiri serta bermuhasabah diri. Samadiyah dan doa bersama berlangsung dengan khidmat dan penuh keharmonisan.[]




Reporter : Annas Muttaqin
Editor     : Ali Akbar Alfata
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Mahasiswa Aceh di Mesir Adakan Samadiyah untuk Syekh Nuruddin 'Itr Rating: 5 Reviewed By: kmamesir