Thursday, October 29, 2020

170 Mahasiswa/i Universitas Al-Azhar Asal Indonesia Ikuti Wisuda di KBRI Kairo

Sumber: Instagram KBRI Kairo

Mahasiswa/i universitas Al–Azhar asal Indonesia resmi diwisuda pada Selasa malam (27/10) di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo, Garden city, Kairo. Pada tahun ini tercatat sebanyak 170 lulusan Universitas Al- Azhar asal Indonesia yang terdiri dari 107 wisudawan dan 63 wisudawati dengan program studi sarjana sebanyak 168 orang, pasca sarjana 1 orang, dan doktoral 1 orang.

Wisudawan dan wisudawati tersebut merupakan mahasiswa/i terbaik Indonesia dari berbagai daerah di tanah air di antaranya KMA 7 orang, HMMSU 10 orang, KMB 8 orang, KMJ 7 orang, KSMR 16 orang, IKMAL 2 orang, KEMASS 9 orang,  KMKM 8 orang, KMNTB 5 orang, KMM 12 orang, KPJ 17 orang, KPMJB 17 orang, KSW 24 orang, FOSGAMA 8 orang, GAMAJATIM 17 orang, dan KKS 3 orang.

Acara wisuda tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Prosesi wisuda yang biasanya dihelat di gedung Auditorium Al-Azhar Conference Center (ACC), Nasr city dan dapat dihadiri oleh ribuan tamu undangan, kali ini digelar outdoor di halaman KBRI Kairo dengan kapasitas tempat dan tamu undangan yang dibatasi. Setiap tamu undangan wajib menggunakan masker/face shield agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Meskipun demikian, acara dengan tema “Kokohkan jiwa Azhary, Wariskan Islam Wasathi, Mengabdi Untuk Negeri” ini tetap berlangsung dengan khidmat dan penuh antusiasme. Acara wisuda ini merupakan acara tahunan yang selalu ditunggu-tunggu dan diselenggarakan atas kerja sama antara Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir dan KBRI Kairo.

Turut hadir dalam acara wisuda kali ini duta besar RI untuk Mesir, Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Kairo Bapak Muhammad Aji Surya,  Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kairo Bapak Bambang Suryadi, perwakilan OIAAI Bapak Mukhlason Jalaluddin serta jajaran dan staff KBRI lainnya.

Dalam kata sambutannya Bapak Muhammad Aji Surya mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati atas pencapaian luar biasa yang telah mereka raih dan beliau juga berpesan untuk mereka yang nantinya akan menjadi duta Al - Azhar di Indonesia.

“Pesan saya pribadi sebagai pakde kalian tidaklah banyak, cukup para ponakan menyebarkan Islam wasathiyah yang diajarkan Azhar, hargai dan tegakkan kebinekaan, jadilah perekat umat, bersikaplah adaptif terhadap perubahan yang makin cepat dan jadilah pembelajar sepanjang hayat. Jangan gampang puas dengan prestasi yang telah ditorehkan, termasuk kalian juga masih perlu melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya yang lebih tinggi. Terakhir, kami mewakili orang tua kalian dan juga masyarakat Indonesia yakin anda semuanya sudah siap, anda sudah pantas dan anda hebat. Doa dan restu kami senantiasa menyertai kalian dalam menjalankan misi selanjutnya di tanah air.”

Wisudawan dan wisudawati asal KMA (Dok. KMA)

Melalui rekaman video, wakil menteri agama RI, Bapak Zainud Tauhid Sa’adi dan Ketua OIAAI Tuan Guru Bajang turut mengungkapkan rasa syukur dan bangga serta ucapan tahniah kepada wisudawan dan wisudawati universitas Al-Azhar asal Indonesia yang telah diwisuda pada kesempatan ini. Tuan Guru Bajang menyampaikan bahwa semua hal baik, ilmu, hikmah dan pendidikan yang telah diperoleh di Al-Azhar akan sangat bermanfaat untuk umat dan bangsa Indonesia. Beliau juga mengingatkan pesan dari grand Syekh Al-Azhar, Syekh Ahmad Thayyib bahwa manhaj Al-Azhar As-Syarif adalah Manhaj al–Wasathiyyah, moderasi beragama akan menjadi pilar yang mengokohkan bangsa Indonesia.

Kemudian, wisudawan dan wisudawati diberikan penghargaan dan apresiasi sesuai dengan predikat nilai yang diraih dalam program studinya, baik itu sarjana, pasca sarjana maupun doktoral.

Semoga wisuda ini menjadi motivasi dan semangat bagi mahasiswa/i yang masih menempuh proses studi maupun yang sudah lulus agar tetap menjaga amanah yang senantiasa diajarkan di Al-Azhar dan berpegang teguh pada manhaj Al-Azhar serta menjadi cermin sebagai pembawa Islam yang ramah, Islam yang Rahmatan lil ‘alamin tentunya tidak hanya untuk Indonesia tapi juga untuk  dunia.

                                                                   

Reporter: Aja Chairul Husnah

Editor    : Ali Akbar Alfata
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: 170 Mahasiswa/i Universitas Al-Azhar Asal Indonesia Ikuti Wisuda di KBRI Kairo Rating: 5 Reviewed By: kmamesir