Saturday, November 7, 2020

Putra Aceh Tenggara Raih Cumlaude di Universitas Al-Azhar Mesir

Sidang sedang berlangsung (Dok: Kmamesir)
Kmamesir.org (7/11/2020) - Mukhlisin Rabusin putra Aceh Tenggara berhasil menyelesaikan program studi magisternya di Universitas Al-Azhar. Karya dalam bidang fikih perbandingan tersebut berhasil dipertahankan dengan baik dan meraih predikat Cumlaude. Sidang dimulai pukul 13.15 waktu Kairo di ruang fakultas Syariah wal Qanun, universitas Al-Azhar, Kairo (5/11).

Sidang yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat tersebut berlangsung selama tiga jam di hadapan seorang pembimbing yaitu Prof. Dr. Muhammad Husni Ibrahim Salim dan dua orang penguji yaitu Prof. Dr. Abdul Ghani Abdul Fattah Ghanim dan Prof. Dr. Khalid Muhammad Abu Najat Sya'ban. ketiganya merupakan guru besar jurusan fikih perbandingan.

Karya yang berjudul "Dirasat wa Tahqiq Kitab al-Mathlab al-'Aly fi Syarh al-Wasith Al-Ghazali lil Imam Ibnu Raf'ah Asy-Syafii" secara umum membahas mengenai studi kajian manuskrip kitab Mathlab al-aly karya Ibnu Rif'at (710 H) yang merupakan syarahan dari kitab Al-Wasith karangan Imam Al-Ghazali . Studi kajian yang dipaparkan Mukhlisin tersebut secara khusus mengkaji pada permasalahan persaksian dalam peradilan.

(Dok: Kmamesir)
"Tengku Mukhlisin adalah salah satu mahasiswa Aceh yang berprestasi di Mesir. Mengisi seminar dan kajian di berbagai tempat. Juga guru bagi beberapa komunitas belajar. Selama sidang berlangsung beliau terlihat tenang dan santai. Di samping pertanyaan bertubi-tubi ditujukan oleh penguji untuknya. Kita turut bangga, akhir-akhir ini semakin banyak mahasiswa Aceh di Mesir yang menyelesaikan studinya, baik program master maupun doktoral dengan predikat sangat memuaskan, seperti Teungku Mukhlisin. Semoga ke depannya semakin bertambah mahasiswa berprestasi seperti beliau di KMA." ujar Muhammad Syukran, wakil ketua KMA.

Mukhlisin sendiri mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung dan mendoakannya selama ini, juga pada BPH KMA serta warga KMA secara umum.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada setiap pihak yang telah support dan mendoakan, juga pada seluruh warga KMA yang telah mendukung saya selama ini dan mengirim doa untuk kelancaran sidang saya. khususnya kepada BPH KMA yang sudah membantu sehingga acara dapat terlaksana dengan baik. Terima kasih pula kepada mahasiswa Aceh Tenggara yang juga telah banyak membantu saya dalam bentuk apapun bantuan itu. sekali lagi saya ucapkan terima kasih pada semuanya yang tidak mungkin saya sebut satu per satu di sini.".[]


Reporter: Ali Akbar Alfata


Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Putra Aceh Tenggara Raih Cumlaude di Universitas Al-Azhar Mesir Rating: 5 Reviewed By: kmamesir