Tuesday, November 17, 2020

Resensi Buku Pedoman ORMABA PPMI 2020

Oleh: Ardani Suburdin Daeman* 

(Sumber: Instagram Official Ormaba PPMI 2020)

Identitas Buku

Judul buku : Al-madkhal Al-asaasi li Kulli Thalib Al-Indunesiy

Pengarang : Tim Penyusun (Panitia ORMABA 2020)

Penerbit : DP. Keilmuan PPMI Mesir 2019-2020

Tahun terbit : 2020

Tebal halaman : 116

 

Sinopsis Buku

Mahasiswa baru pasti masih awam mengenai seluk-beluk Mesir serta hal-hal yang perlu diketahui agar tidak salah jalan. Nah, buku ini bisa menjadi gambaran sederhana mengenai Mesir dan cara kita hidup serta menuntut ilmu di dalamnya, agar tidak menyalahi etika bermasyarakat dan sesuai dengan adat istiadat yang ada. Buku ini menyajikan secara ringkas poin-poin penting yang perlu diperhatikan.

Isi Resensi

Buku Al-madkhal Al-asaasi Li Kulli Tholib Al-Indunesiy ini memaparkan hal yang sangat menarik. Buku ini diawali dengan pengenalan Mesir secara umum baik dari sisi iklim ataupun keamanan serta hal-hal yang merupakan sebuah aib bahkan terlarang dan tabu di tanah para nabi tersebut. Bukan hanya itu, tim penulis juga menyuguhkan ringkasan sejarah yang perlu diketahui bagi setiap penuntut ilmu yang telah memutuskan untuk memilih Mesir dan Al-Azhar sebagai tempat mengkaji keilmuan serta melanjutkan jenjang studinya.

Tim penulis tak lupa juga memaparkan hal-hal yang berkaitan erat dengan ruang lingkup mahasiswa Indonesia di Mesir. di antaranya seperti organisasi serta lembaga-lembaga yang membantu pengembangan potensi keilmuan dan juga bagaimana cara menjadi mahasiswa yang ideal.

Bahkan di dalam buku ini terdapat juga peta talaqqi yang memaparkan denah lokasi tempat-tempat kajian berbagai macam ilmu oleh para masyayikh, yang lebih dikenal dengan sebutan madhyafah atau ruwaq. Di tempat tersebut para penuntut ilmu disuguhkan berbagai materi keilmuan baik itu kajian turats maupun diskusi. seluruh kegiatan tersebut dibimbing langsung oleh syekh-syekh Al-Azhar yang senantiasa menjaga nilai-nilai moderat di tubuh Al-Azhar itu sendiri.

Kelebihan Buku

Mudah dicerna oleh pemula dan sangat membantu mahasiswa baru dalam pengarahan yang tepat. Buku ini juga tidak keluar dari tujuan Al-Azhar itu sendiri dalam mencetak generasi yang jami' wa jaami'ah lagi wasathiy.

Kekurangan Buku

Walaupun garis besarnya buku tersebut dapat mengarahkan dengan baik jalan terjang perjalanan seorang mahasiswa baru untuk berpijak di Mesir, tapi buku ini tidaklah cukup menjadi patokan tahap-tahap pembelajaran seorang mahasiswa hingga sampai di penghujung tahun akhir. Seorang penuntut ilmu itu sendiri tidak ada ujung dari pada perjuangannya, dalam artian kata; tanpa ada henti kecuali dipanggil oleh sang pencipta alam semesta.[]


*Penulis merupakan mahasiswi tingkat tiga universitas Al-Azhar, Kairo.

Editor: Ali Akbar Alfata

 

Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Resensi Buku Pedoman ORMABA PPMI 2020 Rating: 5 Reviewed By: kmamesir