Wednesday, December 9, 2020

MAQURAA Kembali Mencetak Mahasantri Penghafal Al-Quran

Sumber: Dok. KMA Mesir
Kmamesir.org (09/12/2020) - Majelis Quran Abu Amru (MAQURAA) Mesir kembali mencetak mahasantri penghafal Al-Quran. Pada Jumat, 4 Desember 2020 Maquraa sukses menyelenggarakan acara khataman Al-Quran 30 juz. Khataman 30 juz ini dibaca bil ghaib dengan qiraat Hafs dan Syu'bah riwayat Imam Ashim. Agenda yang berlangsung di asrama pusat MAQURAA Abbas El- Akkad ini juga ikut dihadiri oleh para Mahasiswa Indonesia Mesir (Masisir) yang masih mondok di beberapa asrama MAQURAA yang ada di distrik Madinah Nasr, Kairo. 

Khataman ini merupakan bentuk seremonial dan syukuran atas pencapaian para mahasantri yang telah menyelesaikan hafalan Quran mereka, juga sekaligus sebagai penutupan kegiatan asrama menjelang ujian termin satu yang akan berlangsung sebulan lagi. Atas izin Allah SWT, Majlis Quran Abu Amru (MAQURAA) Mesir berhasil mencetak sebanyak enam mahasantri hafidz dan hafidzah. Diantaranya adalah: Mabafaza Al Khuluqiy (hafidz ke 85), Deffa Cahyana Harits (hafizah ke 86), Nailul Isyatirrodliyah (hafizah ke 87), Diffa Cahyani Siraj, ( hafizah ke 89), Khafid Fachruddin (hafidz ke-90) dan Nirpina Martha Sona hafidzah ke 91.Tiga diantara mahasantri tersebut berasal dari paguyuban Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA). Yaitu, Deffa Cahyana Harits, Diffa Cahyani Siraj, dan Nirpina Martha Sona. 

Direktur MAQURRA Mesir, Ustadz Fakhru Ridho, Lc. Dipl menyampaikan beberapa hal dalam kata sambutan yang dibawanya. “Kita di MAQURAA, dari tahun ke tahun selalu melakukan evaluasi terkait program- program yang ada di asrama. Kita selalu berusaha meningkatkan kualitas dari alumni-alumni yang kita hasilkan. Dan saya melihat, kualitas dari alumni kita setiap tahunnya semakin meningkat”. Ungkap Fakhru. 

Beberapa teman yang baru saja berhasil mengkhatamkan Quran juga diminta untuk menyampaikan bagaimana kesan dan pesan mereka dalam proses menghafal Qur'an.“Menghafallah dengan cinta, karena setiap orang akan memperjuangkan apa yang ia cintai.” Pesan Deffa Cahyana Harits, salah satu hafidzah asal Aceh. 



Repoter : Rahmiatul Aini 

Editor   : Maulidia Azzukhraifa 

Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: MAQURAA Kembali Mencetak Mahasantri Penghafal Al-Quran Rating: 5 Reviewed By: kmamesir