Sunday, December 27, 2020

Seni "Santuy" Ala Dr. Muhammad Arifi

Oleh: Arif Maulana Anwar*
Dok. Pribadi
Judul Buku: Istamti' Bihayâtik (Enjoy Your Life, English Ver.). 

Penulis: Dr. Muhammad bin Abdul-Rahman al-Arifi. 

Penerbit: Dar Ibnu Rajab. 

Cetakan: Pertama, 2013. 

Tebal Buku: 448 halaman. 

Kategori: Non-Fiksi. 

Teks: Bahasa Arab. 

Harga: 35 EGP - 45 EGP



Buku ini merupakan ringkasan pengalaman hidup seorang Dr. Muhammad Arifi dalam menjalin hubungan dengan sesama manusia selama 20 tahun. Penulisan buku ini termotivasi dari buku "The Art of Dealing With People" yang ditulis oleh penulis berkebangsaan Amerika Dale Carnegie. Namun, Dale Carnegie sendiri meninggal karena bunuh diri, seakan buku yang ia tulis berguna untuk orang lain tapi tidak untuk dirinya sendiri. 

Berangkat dari perkataan Dale Carnegie yang menyarankan pembaca untuk mengulang bukunya setiap sebulan sekali, Dr. Muhammad Arifi melakukannya dan kaidah-kaidah yang ada di dalam buku tersebut melekat di dalam perbuatan beliau. 

"Bagaimana jika seni berinteraksi dengan sesama bisa membuat seorang hamba menjadi lebih dekat kepada Tuhannya? Padahal kita punya suri tauladan dari sejarah Rasulullah dan para sahabatnya yang sudah sepatutnya kita ikuti!?" tulis Dr. Muhammad Arifi dalam muqaddimah buku. 

Setelah mempraktekkan isi buku Dale Carnegie, dibantu bacaan beliau mengenai kisah Rasulullah, para sahabat dan orang terdahulu serta pengalaman beliau sendiri selama 20 tahun berinteraksi dengan sesama manusia, buku ini pun ditulis. Tidak ada tinta yang lebih baik dari pengalaman.

Secara umum, buku ini menjelaskan bagaimana cara kita memposisikan diri dalam berbagai kondisi, sikap kita terhadap teman, orang miskin, lawan jenis, anak kecil bahkan terhadap hewan di sekitar. Lebih jauh, pembahasan di dalamnya juga menyinggung masalah skill seseorang, usaha kita memulainya dan cara memaksimalkanya. 

Setiap bab di dalam buku disusun seakan bersambung. Namun, pada realitanya isi setiap bab memiliki pembahasan tersendiri, sehingga jika kita memilih satu bab di pertengahan buku, tidak akan membuat kita gagal paham karena melewati bab sebelumnya. 

Salah satu ciri khas buku ini adalah bab-bab yang disajikan tidak lepas dari kisah-kisah yang terjadi, baik berupa sejarah Rasulullah dan para sahabatnya, kisah-kisah yang beliau temukan dari bacaan beliau, maupun pengalaman beliau sendiri. Setiap penjelasan beliau dari suatu bab, beliau sisipkan kisah agar kaidah yang beliau uraikan didukung oleh realita lapangan. 

Terakhir, setelah pembahasan yang indah namun santai dari setiap bab, beliau berkata di akhir buku, "Jika kamu bersungguh-sungguh dalam usahamu untuk berubah, jadilah juara dan mulailah dari sekarang!!" 

Kelebihan Buku 

Buku ini memiliki gaya bahasa yang ringan dan santai, sebagaimana judulnya "Enjoy Your Life". Metode yang penulis uraikan di dalam buku selalu beriringan dengan kisah nyata yang terjadi, sehingga sangat bagus bagi pembaca untuk bercermin dan mengambil pelajaran dari kisah-kisah tersebut. 

Kekurangan Buku 

Gaya bahasa di dalam buku yang ringan dan santai ternyata menjadi rintangan tersendiri bagi mereka yang terbiasa bercengkrama dengan penulisan resmi, pembaca akan dihidangkan dengan penulisan bahasa arab bebas dan penuh titik-titik ala penulisan status di facebook.[]



*Penulis adalah Mahasiswa Tingkat tiga Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar Kairo.


Editor: Ali Akbar Alfata
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Seni "Santuy" Ala Dr. Muhammad Arifi Rating: 5 Reviewed By: kmamesir