Monday, December 28, 2020

Tips Belajar Sendiri di Rumah Ala Masisir

Oleh : Wirma Athirah Putri*

Dok. Pribadi

Menjadi seorang mahasiswa luar negeri di Mesir, tentu banyak tantangan yang harus dihadapi. Di samping gaya dan pola hidup baru, bahasa juga harus menjadi poin penting untuk diperhatikan. Terlebih lagi untuk memahami materi yang disampaikan oleh dosen.

Tentu memahami apa yang disampaikan oleh guru tidaklah mudah, bukan hanya materi, tapi penyampaian dalam logat bahasa Arab yang beragam pun menjadi suatu kesulitan bagi mahasiswa Mesir (masisir). Belum lagi pemahaman yang sampai terkadang salah, terkadang juga pembahasan kuliah yang dimengerti hanya sebagian. Jika seperti ini, sebagai masisir kita harus apa?

Oleh karenanya, hadir kuliah saja tidaklah cukup. Mencari cara lain dalam memahami materi yang disampaikan di kelas adalah salah satu solusinya. Seperti meluangkan waktu untuk belajar sendiri di rumah dan mengkaji ulang pelajaran. Selain bimbingan belajar dan murajaah bareng (mabar), sistem belajar sendiri di rumah seperti ini juga dapat membantu.

Agar proses belajar sendiri di rumah terasa gampang dan lebih mudah, berikut beberapa tips dan trik yang bagus untuk kamu coba. Eitss, tapi bukan berarti dengan belajar sendiri di rumah kamu dibolehkan tidak hadir kuliah ya. Ini dia beberapa tipsnya :

1.     Ketahui pokok materi yang akan dipelajari

Sebelum mulai membaca muqarrar (diktat kuliah), ketahui terlebih dahulu pokok pembahasan yang akan kamu pelajari. Selain paham maksud yang akan disampaikan di dalam muqarrar, mengetahui inti dari pembahasan akan membantu dan memudahkan kamu dalam proses pemahaman materi secara menyeluruh. Sehingga ada pemetaan dan kamu tidak terombang-ambing selama memahami muqarrar nantinya.

2.     Baca muqarrar (diktat kuliah) secara menyeluruh

Setelah mengetahui maksud dan pokok materi yang akan kamu baca, mulailah membaca muqarrar hingga tuntas. Baik kamu mengerti ataupun tidak.  Hal tersebut bukanlah suatu masalah. Kamu sedikit tidaknya akan memahami diktat kuliahmu walaupun belum mencapai tingkat tamam (mantap).

3.     Tandai kosa kata yang belum diketahui

Sembari membaca muqarrar untuk dituntaskan, tandai beberapa kosa kata yang belum kamu ketahui dan carilah artinya. Sehingga ketika kamu membaca ulang muqarrar, pemahamanmu akan lebih mantap daripada sebelumnya.

4.     Bertanya kepada senior atau teman

Sejatinya, seorang penuntut ilmu harus berguru. Nah, ketika ada beberapa permasalahan di dalam muqarrar yang kurang dipahami, maka jangan ambil kesimpulan sesuka hati dengan pemahaman yang setengah-setengah. Tanyakan hal tersebut kepada mereka yang sudah mengerti. Seperti bertanya kepada senior yang mumpuni di bidang tersebut. Atau kamu juga bisa bertanya kepada teman yang telah paham dari penjelasan dosen sebelumnya.

5.     Tandai bagian yang penting untuk diingat

Agar nantinya tidak kewalahan saat membaca ulang muqarrar, tandai beberapa bagian penting untuk dijadikan sebagai kata kunci. Hal tersebut akan memudahkanmu dalam mengingat beberapa materi, juga akan memudahkanmu saat menghafal.

6.     Baca muqarrar (diktat kuliah) minimal sebanyak tiga kali

Untuk memantapkan penguasaanmu terhadap materi, alangkah baiknya membaca muqarrar paling tidak sebanyak tiga kali. Bacaan pertama untuk mengetahui gambaran secara luas. Bacaan kedua akan membantumu lebih paham dan memudahkanmu dalam menguasai materi. Sedangkan bacaan ketiga akan memantapkanmu dalam pemahaman serta penghafalan beberapa poin penting.

7.     Berdoa dan tawakkal kepada Allah

Setelah semua usaha, ingatlah untuk berdoa kepada Allah agar dimudahkan dalam belajar dan dipahamkan akan ilmu tersebut, karena Allah lah yang memberikan hidayah sehingga kita dapat memahami ilmu tersebut. Juga setelah usaha dan doa tidak lupa bertawakkal kepada Allah apapun hasilnya nanti.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba jika ingin belajar sendiri di rumah. Apalagi bagi kamu-kamu yang  belum berkesempatan hadir kuliah dan tidak memiliki waktu luang untuk ikut bimbel dan mabar, maka belajar sendiri di rumah merupakan salah satu solusi yang bisa kamu coba. Juga agar belajar di rumahmu terasa lebih menyenangkan dan tidak membosankan, jangan lupa sediakan beberapa cemilan untuk menemani belajarmu. Semangat belajar, dan selamat mencoba.[]

*Penulis adalah Mahasiswi tingkat 2 fakultas ushuluddin Universitas Al-Azhar.


Editor: Annaya Nur Bismi

Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Tips Belajar Sendiri di Rumah Ala Masisir Rating: 5 Reviewed By: kmamesir