Tuesday, January 26, 2021

Mahasiswa Asal Pidie Kembali Torehkan Prestasi di Al-Azhar, Mesir.

Foto bersama dewan penguji dan pembimbing (Sumber: Dokumen Pribadi).

Teuku Amri Sulaiman, mahasiswa asal Pidie, Aceh, kembali menorehkan prestasi dengan meraih predikat jayyid jiddan atau baik sekali setelah berhasil mempertahankan tesis program pasca sarjana dalam bidang tafsir dan ilmu Al-Qur’an, fakultas Ushuluddin, Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Sidang tersebut berlangsung di ruang auditorium Imam Az-Zahabi, Sabtu 23 Januari 2021. 

Sidang dimulai pukul 11.00 waktu Kairo dan berlangsung selama tiga jam tiga puluh menit. Acara sidang juga berlangsung tertutup, hanya dihadiri oleh panitia penyelenggara, perwakilan dari keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir, serta beberapa teman kerabat, mengingat Mesir masih menerapkan protokol kesehatan. 

Tesis yang berjudul asli “Asar as-Siyaq al-Qur'ani 'inda al-Qadhi Ibnu 'Athiyyah Fi Tafsirihi al-Muharrar al-Wajiz Min Awwali Surati al-Fatihati Ila Akhiri Surati an-Nisa', Dirasah Tafsiriyyah Naqdiyah” diuji oleh Prof. Dr. Muhammad Gattas, guru besar Tafsir dan Ilmu Alquran fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar, Kairo dan Prof. Dr. Muhammad Abdul Malik El-Kahtib, Wakil Rektor Universitas Al-Azhar, Liwajhi Qibli serta dihadiri juga oleh Dr. Sya`ban Muhammad `Athiyyah selaku pembimbing tesis yang juga merupakan guru besar Universitas Al-Azhar, fakultas Ushuluddin. 

Tesis tersebut membahas tentang pengaruh as-siyaq dalam penafsiran Alquran berdasarkan perspektif Ibnu ‘Athiyyah, manhaj tafsir tersebut juga merupakan metode pemahaman teks Alquran dengan menjaga kerunutan bahasa sebelum dan sesudahnya. Ibnu ‘Athaiyyah sendiri merupakan seorang pakar tafsir asal Andalusia, sebuah daerah yang terletak di Semenanjung Liberia (Portugal dan Spanyol) di masa lalu, dan pernah dikuasai oleh umat Islam selama beberapa waktu. Wilayah ini meliputi Granada, Cordoba, Murcia, Sevilla, Malaga, Almeria, Cadiz, Huelva dan Jaen. 

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir selaku organisasi yang menghimpung seluruh rakyat Aceh di Mesir memberikan  apresiasi setinggi-tingginya atas pencapaian yang telah diraih oleh Teuku Amri Sulaiman. Segala hal yang telah beliau torehkan menjadi motivasi untuk segenap warga KMA Mesir dan terkhususnya bagi Mahasiswa KMA Mesir yang sedang menempuh program sarjana untuk dapat menyelesaikannya dan melanjutkan ke program pascasarjana. 

Foto Tgk Amri Sulaiman bersama para hadirin sidang (Sumber: Dokumen Pribadi).

“Semoga semakin banyak lahir dari KMA Mesir para kader-kader Al-Azhar yang siap mengabdi untuk tanah air dan agama, Aceh sangat merindukan para lulusan Al-Azhar yang kelak akan menerangi tanah Serambi Mekah dengan dakwah Al-Azhar yang moderat serta sejuk” ujar Fikri Aslami selaku ketua KMA Mesir. 

Pada akhir sidang hadirin terlihat haru mendengarkan pengumuman nilai oleh dewan penguji. setelah memberikan ucapan selamat, Acara sidangpun diakhiri dengan sesi pemotretan dengan seluruh hadirin dan panitia. 

Reporter: Novian Nuzul Faza
Editor: Annas Muttaqin



Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Mahasiswa Asal Pidie Kembali Torehkan Prestasi di Al-Azhar, Mesir. Rating: 5 Reviewed By: kmamesir