Wednesday, May 12, 2021

Akhiri Ramadhan, Mahasiswa Aceh di Kairo Khatamkan Kitab Iqadzul Himam

 

(Foto bersama peserta pengajian dan Syekh Ayyub. Sumber dok.Pribadi)

Kmamesir.org (12/05/21). Akhiri bulan suci Ramadan, Mahasiswa Aceh di Kairo khatamkan kitab “Iqadzul Himam" pada Rabu (12/05) bertepatan dengan malam 30 Ramadan 1442 H. pengajian ini dilaksanakan di bawah asuhan Syekh Ayyub Al-Jazairi bertempat di Sahah Aceh Kairo.

Kitab tersebut merupakan syarah (uraian) dari pada kitab "Al Hikam" karangan Ibn Ataillah As-Sakandari. Kitab ini membahas seputar kajian tasawuf dalam Islam. 

Baca juga: Sempat Vakum, Departemen Litbang KMA Kembali Adakan Zawiyah

Pengajian ini rutin dilaksanakan setelah salat subuh dan telah berlangsung sejak 19 Agustus tahun lalu. Kitab yang mencapai enam ratus halaman lebih terbagi ke dalam dua puluh lima bab. Masing-masing babnya membahas jalan-jalan serta tingkatan-tingkatan yang harus ditempuh oleh salik (orang yang menempuh jalur tasawuf) untuk dapat mendapat ridha dan menjadi kekasih-Nya.

Banyaknya jumlah bab membuat kitab ini diuraikan dengan panjang. Terlebih lagi dalam menguak rahasia-rahasia dibalik kata-katanya, dibutuhkan kesabaran dan penjelasan yang mendetail. 

Baca juga: Tradisi Aceh Yang Perlu Kamu Ketahui

“Ini merupakan sebuah pencapaian luar biasa bagi Syekh Ayyub. Biasanya kitab-kitab tebal seperti ini dikhatamkan lebih dari setahun, dengan satu sampai tiga pertemuan tiap minggunya. Namun, berkat keistiqamahan dan kesungguhan beliau, Syekh Ayyub mampu mengadakan pengajian setiap hari hingga bisa mengkhatamkan dalam kurang dari sepuluh bulan” ujar Mufadhal selaku salah satu peserta pengajian sekaligus pengurus Sahah Aceh.

Acara khataman ini tepatnya dilaksanakan pada malam hari setelah pengajian kitab “As Syifa' fi Ta’rifil Huquqil Mushtafa Shallahu ‘alaihi wasalam.". Pada acara tersebut pula dihidangkan jamuan berupa aneka ragam buah, kue dan gorengan sebagai bentuk rasa syukur sekaligus mengambil keberkahan dari khatamnya kitab Iqadzul Himam.[]






Reporter: Annas Muttaqin
Editor: Teuku Rizki Maulana Utama
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Akhiri Ramadhan, Mahasiswa Aceh di Kairo Khatamkan Kitab Iqadzul Himam Rating: 5 Reviewed By: kmamesir