Sunday, August 1, 2021

Departemen Keputrian KMA adakan Sosialisasi Kesehatan

Dok. KMA
Kmamesir.org. (01/08/2021) - Departemen Keputrian Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) adakan Sosialisasi Kesehatan bagi mahasiswi KMA pada Jum’at (30/07/21) di Meuligoe KMA. Acara ini diadakan sebagai bentuk kepedulian KMA terhadap kesehatan tubuh warganya.

Dalam sosialisasi ini, keputrian KMA mengundang beberapa pemateri yang mengupas hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan fisik serta mental dan cara mengatasinya. Tgk Cut Nadia Nur Ilena menjelaskan tentang pola hidup sehat ala pelajar, adapun Tgk Nur Balqis mengupas tentang pentingnya menjaga keseimbangan antara fisik dan mental. Tgk Mukhlis Ilyas dan Tgk Muhibussabri Hamid membahas secara lebih rinci tentang urgensi kesehatan dari berbagai perspektif serta tips menghadapi isu mental health yang belakangan terjadi di kawula muda. Acara ini di mederatori oleh anggota keputrian KMA Elvida Suhida dan penyampaian kata sambutan oleh Aja Chairul Husna selaku koordinator keputrian KMA 21/22.

Kesimpulan dari apa yang disampaikan oleh pemateri adalah bahwa setiap manusia perlu memperhatikan kesehatan tubuhnya dalam segala aspek. Untuk menjaga daya tahan tubuh,  kita harus meningkatkan imun dengan cara mengatur pola makan yang sehat, berolahraga, berjemur 15 sampai 20 menit perhari di waktu pagi serta meminum air putih minimal 8 gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Konsumsi buah dan sayur juga dianjurkan, rutin mengonsumsi vitamin demi meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi manis pada minuman perbanyak manis pada senyuman. Tidak hanya itu, istirahat dan tidur yang cukup juga menjadi poin penting karena jika tidur tidak cukup akan mengurangi kapasitas memori kita dan membuat keseharian menjadi lamban.

Menjaga kesehatan mental juga merupakan hal yang perlu menjadi perhatian. salah satu kunci demi menjaga kewarasan mental tersebut adalah dengan mengingat Allah SWT di manapun berada. Tidak bersedih dan kecewa, jangan pusingkan apa yang dikatakan orang lain, jangan membesarkan hal sepele dan membentuk pribadi yang penuh penghargaan terhadap diri sendiri dan melupakan masa lalu yang kelam. demikian pesan Tgk. Muhibbushabri dalam paparannya.

Tgk Mukhlis Ilyas sendiri berpesan untuk melakuakan  3M, yaitu memulai dari diri sendiri, memulai dari hal terkecil, dan memulai dari sekarang. Tgk. Mukhlis juga menyampaikan sebuah pepatah arab yang artinya, “Barang siapa yang ingin mengatur kesehariannya (kehidupannya) aturlah tidurnya”.

Di penutup acara Tgk. Muhibussabri mengingatkan kepada semua warga Keluarga Mahasiswa Aceh sebagaimana yang di umumkan WHO (World Health Organization) bahwa Covid-19 varian Delta tersebar dalam dua bulan ini, jadi ia menghimbau agar warga KMA tetap mengatur pola makan dan hindari begadang serta Harus mampu mengatur pola hidup menjadi lebih baik. Nikmat kesehatan merupakan hal terbesar yang diberikan oleh sang pencipta.


Reporter: Salsabila Ulfah
Editor    : Ali Akbar Alfata


Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Departemen Keputrian KMA adakan Sosialisasi Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: kmamesir