Wednesday, September 29, 2021

Festival KMA 2021 Dibuka dengan Seminar Al-Madkhal ila Al-Ulum Asy-Syar’iyyah

 

Dok. KMA
Kmamesir.org (30/9/2021)  Seminar Al-Madkhal Ila Al-Ulum Al Syar’iyyah diadakan pada Selasa (28/9) sebagai pembuka acara Festival KMA. Seminar ini merupakan salah satu program KMA yang diadakan setiap tahunnya. Namun, sebab menyebarnya Covid-19, agenda ini terakhir berlangsung pada akhir tahun 2019 dan kembali hadir tahun 2021 di Meulingoe KMA. Acara ini diadakan bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan ilmu agama.

Dalam acara seminar ini, panitia seminar KMA mengundang beberapa pemateri yang membahas tentang Madkhal Al-Ulum Asy-Syar’iyyah. Madkhal yang berarti tempat awal kita untuk masuk Ulum Syari’ah. Dalam ilmu Syariat, secara umum terkandung 3 pilar yang sangat penting:Ilmu Fiqih (amaliyah) yang dijelaskan oleh Tgk. Zulfahmi Saputra, Ilmu Tauhid/Aqidah(i'tiqadiyah) dijelaskan oleh Tgk. Nafis Akhtiar dan yang terakhir ilmu Tasawuf (wujudiyah) dijelaskan oleh Tgk. Fauzul Akhyar.

Kesimpulan dari apa yang disampaikan oleh pemateri adalah bahwa kita sebagai insan yang beragama harus bermazhab agar pemahaman dan praktik beragamanya benar. Ketika mengamalkan suatu perkara harus mengikuti mazhab sesuai dengan apa yang diyakininya, tidak mencampurkan mazhab lain dalam mengamalkannya (talfiq). Ilmu tauhid akan menguatkan Aqidah, dalam masalah Aqidah tidak boleh taqlid ikut-ikutan, kita harus mencarinya sendiri, karena Aqidah itu adalah apa yang mengikat hati kita dan sesuatu yang kita yakini karena sudah melihat keyakinan tersebut sendiri. Golongan Asya'irah merupakan keyakinan akidah yang banyak dipercaya oleh umat Islam dunia, hal ini karena golongan tersebut tidak menyalahkan satu kelompok tertentu serta mengkafirkan dengan mudahnya. 

Ilmu Tasawuf yang kita kenal dengan ilmu Akhlak, ilmu Tasawuf ini diambil dari Al-Qur’an,Sunnah,perbuatan orang shalih yang belajar akhlak langsung dari Nabi. Mempelajari ilmu ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara bermuamalah dengan Allah Swt. dan agar selamat dunia akhirat.

Setiap pemateri juga membahas kitab-kitab yang dibutuhkan untuk dikaji dari tingkatan pemula mubtadi’ sampai pada tingkatan akhir muntahi. Pesan yang disampaikan kepada peserta agar tidak bersikap sombong dan malu karena dengan hal itu dapat menghalang kita untuk belajar. Agenda seminar sukses diselenggarakan dan acara diakhir dengan makan bersama.

Seminar ini merupakan rangkaian dari acara Festival KMA yang diadakan dari 28 September 2021 hingga 13 Oktober 2021. Di antara kegiatan lain yang ada di Festival KMA adalah Bazar KMA, Teuku Umar Cup, Putroe's Healthy Day, dan Musabaqah.[]

Reporter    : Salsabila Ulfah

Editor        : Ali Akbar Alfata


 

 

Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Festival KMA 2021 Dibuka dengan Seminar Al-Madkhal ila Al-Ulum Asy-Syar’iyyah Rating: 5 Reviewed By: kmamesir