Festival KMA: Lestarikan Kitab Kuning, KMA Mesir Adakan Musabaqah Qiraatul Kutub


(Salah satu peserta lomba sedang berusaha memaparkan isi kitab. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Kmamesir.org.(6/10/21).-KMA mesir kembali adakan musabaqah qiraatul kutub (lomba membaca kitab gundul) dalam rangka memeriahkan festival KMA. Musabaqah ini diselenggarakan pada minggu, 3/10/21 di Meuligoe KMA dan diikuti oleh 7 oleh peserta yang terdiri dari 3 laki-laki dan 4 perempuan.

Peserta merupakan perwakilan tiap angkatan yang telah dipilih oleh ketua angkatan. Setiap angkatan mengutus perwakilan terbaiknya untuk menyukseskan lomba ini.

Acara di mulai setelah salat zuhur hingga selesai.Tiap peserta diberi waktu 20 menit untuk memaparkan isi kitab. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang meliputi hukum dan bahasa. Adapun kitab yang diperlombakan adalah kitab Fathul Qarib karya Syekh Ibn Qasim Al Ghazi. Kitab ini merupakan uraian dari kitab Matan Taqrib karya Syekh Abu Syuja' yang menjadi salah satu landasan Fiqh dasar di kalangan masyarakat Indonesia.


Musabaqah qiraatul kutub ini merupakan lomba yang tidak hanya sekedar fokus pada membaca kitab kuning (turast) , tapi lebih kepada konteks, pemahaman dan kajian isi kitab. Adanya ajang perlombaan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas warga KMA Mesir dalam memahami kitab kuning  dan menyampaikannya pada masyarakat. Selain itu, ajang ini juga sebagai bentuk melestarikan keilmuwan Islam yang terkandung dalam kitab kuning.[]

Reporter: Fathurrahman
Editor: Annas Muttaqin

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top