Saturday, October 2, 2021

Festival KMA: Panggung KMA Kembali Hangat dengan Penampilan Debater Akhawat

Dok. KMA
Panggung festival KMA kembali hangat dengan penampilan para debater akhawat perwakilan setiap angkatan di Meuligoe KMA, kamis siang pukul 14.00 waktu Kairo. Dihadiri para peserta, dewan juri, suporter dan beberapa panitia yang sangat antusias dengan lomba debat ilmiah ini.

Debat ilmiah adalah perlombaan pertama dari beberapa rentetan perlombaan di festival kali ini dengan tujuan meningkatkan kemampuan public speaking serta critical thinking warga KMA. Tentu dengan norma dan adab yang berlaku, di samping mempererat silaturahmi di antara warga KMA.

Panitia mengundang juri yang sangat berkompeten di bidangnya, Tgk. Cut Rahmatina, Lc., dan Tgk. Annaya Nur Bismi.

"Sebenarnya perlombaan debat ini bukan hanya bermanfaat bagi para peserta untuk melatih kemampuan berpikir dan public speaking. Namun, juga bagi para penonton dapat mengambil manfaat dengan ikut mendengarkan perdebatan supaya ke depan akhawat KMA mampu lebih bijak dalam menghadapi isu di masyarakat.” Ucap Tgk. Cut.

Perlombaan diawali dengan sesi akhawat, terdiri dari tiga tim mewakili angkatan Seuramoe, Geunaseh dan Beumeuhase. Setiap tim terdiri dari dua orang, pembicara pertama dan kedua. Para peserta sangat antusias dengan dukungan masing-masing suporter.

Foto Bersama Juri (Dok.KMA)
Pada ronde pertama, tim A sebagai kontra dari Beumeuhase melawan tim B sebagai pro dari Seuramoe dengan mosi "Pemisahan antara Pelajaran Agama dan Umum di Sekolah", lalu diikuti dengan ronde kedua, tim B sebagai kontra melawan tim C dari Geunaseh sebgai pro dengan mosi "Revolusi Industri 4.0 Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia". Dan diakhiri dengan sesi ketiga, tim C sebagai kontra melawan tim A sebagai pro dengan mosi "Pro-Kontra Wanita Karir".

Waktu yang diberikan kepada pembicara pertama sebanyak tujuh menit dari setiap tim dan pembicara kedua lima menit lalu ditutup dengan closing statement dari pembicara kedua di setiap tim pro dan kontra.

Pertandingan sangat sengit, ditambah dengan mosi yang diangkat sesuai isu terkini. Para peserta mengaku sangat bahagia dan senang karena dari perlombaan ini, memberi wadah dan peluang bagi para akhawat untuk lebih leluasa dalam menyampaikan pendapat juga melatih mental berbicara di depan khalayak ramai.

Setelah empat jam berlangsungnya lomba debat, para juri berembuk dan akan mengumumkan tim yang lolos ke babak final mewakili akhawat di hari kamis (7/10) mendatang. Kira-kira 15 menit berembuk, juri pun telah memutuskan tim B perwakilan Seuramoe lolos ke babak final.  Acara ditutup dengan ucapan selamat dari Tgk. Annaya sebagai perwakilan dari dewan juri.[]

Reporter : Alvia Hasli Ramadhan
Editor     : Ali Akbar Alfata



Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Festival KMA: Panggung KMA Kembali Hangat dengan Penampilan Debater Akhawat Rating: 5 Reviewed By: kmamesir