Wednesday, November 17, 2021

Gelar Seminar Kebangsaan, KMA Mesir Undang Shadia Marhaban

Dok. Pribadi

Kmamesir.org.(17/11/21) Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir mengadakan seminar kebangsaan bersama mediator Aceh, Shadia Marhaban, pada Selasa, 16 November. Seminar ini dilaksanakan di Meuligoe KMA Mesir dengan mengusung tema “Menjadi Orang Aceh”.

Acara tersebut dilaksanakan guna kembali mengingat kebesaran bangsa Aceh dalam sejarah dunia sekaligus dapat mengembalikan semangat perjuangannya dalam menjadikan Aceh sebagai bangsa yang besar dan bermatabat. Beliau juga menjelaskan betapa kentalnya masyarakat Aceh dengan dengan nilai-nilai keislaman.

“Se-atom-atomnya (sekerdil-kerdilnya) orang Aceh itu ya Islam, itu yang harus ditanamkan dalam jiwa kita!” Ujarnya saat mengupas nilai-nilai sosial dalam masyarakat Aceh.

Dok.Pribadi

Dalam seminar tersebut para hadirin juga mendapat aneka pengalaman menarik dari beliau ketika menjadi diplomat perdamaian antara Gerakan Aceh Merdeka dan Republik Indonesia. Shadia menegaskan bahwa mimpi pemuda-pemudi Aceh harus besar tak boleh hanya sebatas ibu kota. Namun juga, harus mendunia. Selain itu, ia kembali mengulik kilas sejarah relasi antara Aceh dan aneka wilayah di belahan dunia, dari situ aktivis perempuan Aceh ini menekankan agar pemuda-pemudi Aceh tidak menyia-nyiakan relasi yang telah dibangun di kancah internasional, dalam menggapai cita-cita yang besar.

Acara ini dimulai pada pukul 15.30 clt dan selesai pada pukul 20.00 clt. Selama acara, para peserta terlihat begitu antusias dan bersemangat mendengar ragam cerita dan pengalaman dari pemateri. []

Reporter: Annas Muttaqin
Editor: Muhammad Farhan Sufyan
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Gelar Seminar Kebangsaan, KMA Mesir Undang Shadia Marhaban Rating: 5 Reviewed By: kmamesir