Wednesday, November 3, 2021

Hadiri Wisuda PPMI, Wakil Grand Syekh Al-Azhar: Indonesia dan Al-Azhar Miliki Hubungan Erat

Sumber: Facebook Al-Azhar Asy-Syarif


Kmamesir.org.(Rabu/11/21). Mahasiswa dan mahasiswi Universitas Al-Azhar resmi diwisuda pada Senin (1/11). Prosesi wisuda yang berlangsung di auditorium Al-Azhar Conference Center (ACC) Nasr-City ini diikuti oleh sejumlah lulusan yang berasal dari berbagai negara. Tercatat tiga ratus empat puluh delapan peserta berasal dari Indonesia, dua puluh enam peserta dari Malaysia, dua peserta dari India, satu dari Afghanistan dan satu dari Singapura. Lima dari total keseluruhan peserta wisuda tersebut merupakan mahasiswa pascasarjana.

Acara wisuda tersebut turut dihadiri oleh wakil Grand Syekh Al-Azhar, Prof. Dr. Mohamed Abd El-Rahman Mohamed El-Dawiny, Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir, Bapak Luthfi Rauf, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kairo, Bapak Bambang Suryadi, Syekh Sidi Faouzi Konate, Syekh Ahmad Mahmoud Sharif, Syekh Hisyam Kamil Hamid Musa dan sejumlah masyaikh Al-Azhar Asy-Syarif lainnya.

Dalam pidato sambutannya, wakil Grand Syekh Al-Azhar tersebut mengaku sangat senang dapat berhadir pada prosesi wisuda mahasiswa dan mahasiswi kali ini. "Indonesia dan Al-Azhar memiliki hubungan yang sangat erat. Hubungan ini telah lama terjalin semenjak kedatangan para penuntut ilmu dari Indonesia ke Mesir beberapa abad yang lalu. Oleh karena itu, sebagai bentuk perhatian Al-Azhar terhadap keseriusan mereka, dikhususkanlah satu bilik di Masjid Al-Azhar dan diberi nama dengan Ar-Ruwaq Al-Jawi," ucap wakil Grand Syekh Al-Azhar.

Dubes RI untuk Mesir sangat mengapresiasi pencapaian semua mahasiswa/i yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana maupun pascasarjana, dan mengimbau serta mengajak para wisudawan untuk tetap teguh dalam mendakwahkan Islam dengan manhaj wasatiah sebagaimana yang diajarkan oleh Al-Azhar Asy-Syarif.

Wisudawan dan wisudawati KMA (Image: Dok. Pribadi)

Acara hasil kerja sama KBRI Kairo dengan Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir ini berlangsung khidmat dan mendapat sambutan mewah dari seluruh peserta yang berhadir, mengingat wisuda ialah hal yang sangat spesial bagi mereka yang telah menyelesaikan pendidikan akademisnya.

Tamu-tamu kehormatan tersebut berkesempatan untuk memberikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada wisudawan/i berprestasi terbaik Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan pemberian sertifikat penghargaan kepada peserta wisuda oleh masyaikh lainnya.[]
  


Reporter: Abkarul Aufa
Editor: Deffa Cahyana Harits
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Hadiri Wisuda PPMI, Wakil Grand Syekh Al-Azhar: Indonesia dan Al-Azhar Miliki Hubungan Erat Rating: 5 Reviewed By: kmamesir