Monday, November 15, 2021

Masisir Menulis; Kegiatan Upgrading Ilmu dengan Talk Show Literasi

(Image: Dok. panitia)

Panitia pelaksana Masisir Menulis mengadakan talk show literasi dengan tema “Menyelami Fikih dalam Literasi” di Aula LIMAS KEMASS pada jumat (12/11) . Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi di lingkungan masisir, meningkatkan kesadaran atas pentingnya literasi, memberikan fasilitas pembelajaran dalam dunia literasi serta mempererat ukhuwah tali silaturrahmi antar masisir.

Pada kesempatan kali ini panitia mengundang narasumber yang ahli dalam bidang literasi seorang novelis best seller Indonesia, Habiburrahman El-Shirazy, Lc. atau yang dikenal dengan Kang Abik dan dimoderatori oleh Zumratus Sa’adah Julia Misbach. Kang Abik memaparkan materi seputar dunia kepenulisan seperti membaca, menulis, bedah buku serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kepenulisan.

Kang Abik bersama anggota Sekolah Menulis KMA (Image: Dok. panitia)

Talk show ini berjalan sukses setelah sebelumnya panitia juga sukses menyelenggarakan seminar membaca pada Masisir Menulis batch 1 dengan narasumber Kepala PMIK Kairo periode 2009, Fahmi Mubarok dan Kepala Sekolah Menulis KMA periode 2021, Afkar. Talk Show kali ini diikuti oleh perwakilan media yang ada di kalangan masisir dan peserta umum.

"Masisir Menulis ini adalah program kolaborasi antara PPMI, Wihdah dan angkatan El-Varouqi. Ini gak cuma sekali saja tapi ada sekitar tujuh batch. Setiap batch ada program menulis, jadi di sela-sela kepenulisan ada webinar ataupun seminar. Untuk batch pertama temanya 'Menjejaki Literasi Dunia Buku' dan batch kedua adalah acara ini. Kebetulan Kang Abik lagi di Mesir makanya sekalian kita mengundang beliau sebagai narasumber." Ujar Kamal Azhary, wakil Masisir Menulis.

Kang Abik bersama para pemenang lomba Masisir Menulis batch 1 (Image: Dok. panitia)

Acara diakhiri dengan penyerahan sertifikat penghargaan dan cendera mata kepada Kang Abik serta pembagian hadiah kepada pemenang lomba esai Masisir Menulis batch 1. Di kategori esai bahasa Indonesia juara satu diraih oleh Muhammad Ghifari perwakilan Persis dan juara dua Nur Inayah perwakilan Bedug NU. sedangkan kategori esai bahasa Arab juara satu Aridho Hidayat Alif dan juara dua Muhammad Nabil Akhtiar, keduanya merupakan perwakilan KMA.

“Saya sangat senang dan bahagia dengan talk show ini. Setelah menghadirinya jiwa menulis di diri saya kembali membara, apalagi pemateri yang diundang sangatlah fenomenal di kalangan para penulis. Saya berharap agar kedepan para masisir terus meningkatkan kemampuan menulisnya yang menjadi sarana dakwah untuk umat, terutama di Indonesia.” Ucap salah satu peserta.[]




Reporter: Alvia Hasli Ramadhan
Editor: Aja Chairul Husnah
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Masisir Menulis; Kegiatan Upgrading Ilmu dengan Talk Show Literasi Rating: 5 Reviewed By: kmamesir