Tuesday, November 23, 2021

Perkenalkan Perkuliahan Pascasarjana, SEMA-FU Adakan Talk Show Pra License Assembly


Pemateri sesi 1 (sumber:  Dok. SEMA-FU)

Kmamesir.org.(24/11/21)  Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin (SEMA-FU) Kairo mengadakan talk show Pra License Assembly dengan mengangkat tema “Pascasarjana di Mesir? Siapa Takut” pada senin (22/11) di aula KEMASS, Al Hayy Al Asyir.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan perkuliahan pascasarjana di Mesir kepada mahasiswa tingkat akhir sekaligus menjadi ajang silaturahmi antara SEMA-FU dan mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ushuluddin.

Pada Kesempatan ini, SEMA-FU menghadirkan pemateri kompeten yang berpengalaman   dalam studi pascasarjana di Mesir. Pada sesi pertama talk show diisi oleh Ustazah Nur Aziz Zulaikha, Lc. MA., yang merupakan alumni Universitas Dual 'Araby, dan Ustaz Fery Ramadhansyah, Lc. MA., kandidat doktor di Universitas Kairo. Keduanya memaparkan materi tentang urgensi studi pascasarjana dalam meningkatkan kualitas akademisi; mulai dari persiapan  sebelum menempuh jenjang pendidikan ini,  motivasi yang mendorong untuk melanjutkan studi pascasarjana serta berbagi pengalaman selama menempuh program studi pascasarjana di luar negeri.

Sedangkan sesi kedua dilanjutkan dengan materi seputar perkuliahan di Al-Azhar mulai dari sistem pendidikan di Dirasat 'Ulya dan Kuliyyah Al 'Ulum yang disampaikan oleh Ustazah Ayu Rizqi Amalia, Lc. MA., alumni Dirasat 'Ulya Universitas Al-Azhar, dan Ustaz Muhammad Zainuddin Ruslan, Lc., mahasiswa Kulliyyah  Al 'Ulum Universitas Al-Azhar.

Pemateri sesi 2 (sumber Dok. SEMA-FU)

Tidak hanya mahasiswa tingkat akhir, mereka yang belum tingkat akhir juga terlihat antusias mengikuti acara ini. “Biar ada gambaran untuk ke depan, walaupun masih tingkat tiga. Buat persiapan jauh-jauh hari Insya Allah. Terus mau tau lebih detail tentang kuliah S2 di Al-Azhar yang katanya 'serem'.   Mau langsung dengar dari narasumbernya, apa benar stigma itu?” Ucap Putri Salsabila Azkya, salah satu peserta talk show saat diwawancarai reporter website kmamesir.org melalui via whatsapp.

Musrifa Saldi, peserta lainnya juga mengatakan pentingnya mengikuti kegiatan ini bagi mereka yang belum tingkat akhir, sehingga mereka bisa lebih mempersiapkan bekal untuk menempuh pendidikan pascasarjana nantinya.[]

 

Reporter: Aja Chairul Husnah

Editor: Marlina Sukmawati


Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Perkenalkan Perkuliahan Pascasarjana, SEMA-FU Adakan Talk Show Pra License Assembly Rating: 5 Reviewed By: kmamesir