Tuesday, November 9, 2021

Semarak Bazar KMA, Obati Rindu Kampung Halaman

(Suasana kemeriahan di dapur Bazar, para pengunjung dan peserta melepas rindu dengan aneka santapan Nusantara)

Akhir September hingga pertengahan Oktober, suasana Meuligoe KMA diselimuti kemeriahan. Aneka lomba dilaksanakan guna menyambut puncak Bazar. Bazar merupakan agenda tahunan yang rutin digelar. Agenda ini awalnya sempat tertunda selama dua tahun karena Covid. Namun, akhirnya Bazar KMA bisa kembali dilaksanakan dengan variasi yang berbeda. “Semua ada kecuali obat” merupakan slogan yang sangat ikonik bagi warga KMA. Dari slogan tersebut bisa kita pahami dalam bazar yang diselenggarakan, tersedia berbagai hal kecuali obat-obatan.

Dalam pelaksanaannya, Bazar kali ini dimeriahkan oleh berbagai ragam lomba, di antaranya catur, ludo, uno, dart, scrabble, hias kue, dan mewarnai. Selain itu, ada juga lomba yang diadakan sebelum hari puncak bazar, seperti Teuku Umar Cup, cerdas cermat, musabaqah qiraatul kutub, musabaqah hifzil quran, dan debat ilmiah.

Acara puncak Bazar dilaksanakan pada Rabu, 13 Oktober 2021. Dimulai pukul 10:00 clt. Pembawa acara siap membuka acara. Setelah pembacaan ayat suci Al-Quran, agenda puncak dilanjutkan dengan kata-kata sambutan oleh Tgk Abraruddin yang bertindak sebagai ketua bazar. Kemudian kata-kata sambutan sekaligus pembukaan oleh ketua KMA, Tgk. Muhammad Syukran. Dalam sambutannya beliau berpesan,

“Semoga dengan adanya bazar kali ini dapat mempererat hubungan kita sesama warga KMA. Yang dulu jarang bertemu sekarang kita bisa bertemu kembali. Dan saya berharap Bazar ini akan ada setiap tahunnya” ujar beliau.

Acara resmi dibuka dengan melempar dart ke balon oleh ketua KMA. Setelahnya, MC membacakan denah lokasi tempat kegiatan lomba. Seluruh peserta yang hadir menuju ke tempat lombanya masing-masing yang telah disediakan oleh panitia. Sebagian ada ikut menyaksikan semi final lomba cerdas cermat yang diadakan di aula utama, sebagian ada yang mengikuti lomba ludo, uno, Scrabble, bahkan beberapa peserta mengikuti lebih dari dua lomba sekaligus. Hal ini menandakan kegigihan dan antusias warga KMA yang sangat tinggi dalam memeriahkan acara bazar kali ini.

(Antusias para peserta Cerdas Cermat dalam menjawab soal)


Tidak cukup sampai di situ, Bazar KMA kali ini juga dimeriahkan makanan-makanan khas Nusantara yang jarang ditemukan di Mesir. Ada mie caluk, bakwan, sambosa, bubur ayam, bubur kacang hijau, ayam krispi dan masih banyak menu-menu lainnya. Hal ini bisa mengobati sedikit rindu kita pada makanan-makanan khas Nusantara. Para panitia juga memfasilitasi proses pembelian dengan membeli kupon pada kasir dan menyerahkannya pada penjual. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam proses penghitungan uang nantinya. Jumlah kupon yang disediakan juga sesuai dengan jumlah makanan yang ada.

Bazar berlangsung hingga malam tiba. Di ujung acara bazar para warga KMA berkumpul di aula utama dan menyaksikan final lomba cerdas cermat. Para penonton dari tiap angkatan hadir untuk mendukung jogoan angkatannya sendiri. Tgk Shabrun Jamil, Tgk Zulfahmi Saputra dan Tgk Thaibur Rifqi yang bertindak menjadi juri membuat suasana menjadi semakin seru. Kadang juga diselingi dengan lelucon kecil untuk menyemangati para peserta dan penonton. Penonton terlihat sangat antusias saat angkatan mereka bisa menjawab pertanyaan dari juri dengan memberi tepuk tangan yang sangat meriah.

Untuk menutup acara bazar kali ini, KMA mesir mengadakan takrim mutafawwiqin (penghargaan bagi peraih nilai tinggi) bagi Mahasiswa yang berprestasi serta takrim najihin (pengharagaan bagi yang lulus) bagi Mahasiswa yang dinyatakan lulus dari Al-azhar. Hal ini merupakan bentuk apresiasi atas apa yang sudah mereka capai saat ujian dan juga sebagai bentuk dorongan semangat kepada yang lain agar terus belajar dan terpacu untuk mencapai aneka prestasi. Kita berharap acara seperti ini akan ada setiap tahunnya. Mengingat dampak yang di hasilkan dari acara ini sangatlah besar.[]


Reporter: Fathurrahman

Editor: Annas Muttaqin

Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Semarak Bazar KMA, Obati Rindu Kampung Halaman Rating: 5 Reviewed By: kmamesir