Thursday, February 22, 2018

Makna Luwakdowski, Maskot Sumatera Cup 2018

Luwakdowski

Sumatra Cup 2018 akan berlangsung beberapa hari lagi. Pesta olahraga sepak bola kekeluargaan mahasiswa Sumatera ini sudah mulai digelar sejak tahun 2003 lalu, dan sekarang sudah memasuki penyelenggaraan ke-14. Sumatera Cup kali ini akan digelar mulai 25 Februari hingga 22 Maret, di lapangan Nadi Syabab Kattameya.

Selayaknya sebuah even olahraga besar, Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir sudah menyiapkan berbagai hal kelengkapan sebuah perhelatan akbar, termasuk maskot Sumatra Cup XIV. Dihubungi kmamesir.org, ketua panitia, Thaiburrifqi Ananda, menjelaskan bahwa maskot Sumatera Cup tahun ini diberi nama: Luwakdowski.

Menurut Thaibur, Luwakdowski sendiri terinspirasi dari binatang luwak yang mewakili cita rasa kopi terbaik arabika. Luwakdowski menggambarkan cita rasa kopi yang tinggi. Menurunya, maskot ini juga mewakili semangat Sumatera Cup 2018, Solidarity as Unity, We are Sumatera.

“Filosofinya, Sumatera punya karakteristik yang berbeda dari daerah lain dengan kualitas di atas rata-rata. Luwakdowski juga mewakili banyak single origin kopi dari seluruh Sumatera, sehingga sangat sesuai dengan tema Sumatra Cup kita kali ini, Solidarity as Unity, We are Sumatera,” ungkap Thaibur.

Luwak merupakan mamalia liar yang masih termasuk suku musang. Ia termasuk binatang pemakan biji-bijian. Bagi kebanyakan petani, binatang ini adalah hama. Namun, bagi petani kopi binatang ini membawa keberkahan. Kopi yang dihasilkan dari fermentasi pencernaan luwak ini bercita rasa tinggi dan dinilai cukup mahal di pasaran. 


Luwakdowski memiliki semangat hewan liar yang pemberani dan kuat. Ia punya kemampuan mengubah cita rasa kopi menjadi begitu nikmat. Sehingga dari sini, Thaibur berkeinginan pertandingan sepak bola yang nantinya ditampilkan di lapangan juga akan dimainkan dengan indah dan mengedepankan prinsip sportifitas.[]

Farhan Jihadi
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Makna Luwakdowski, Maskot Sumatera Cup 2018 Rating: 5 Reviewed By: kmamesir