Saturday, March 24, 2018

MTQ Internasional yang Diadakan PPMI Mesir, Menarik Perhatian Syekh Muhanna

Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Internasional di Mesir (Foto: PPMI Mesir)
Kmamesir.org. 25/3/2018. Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional yang diadakan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir sejak Rabu (21/03) lalu, menarik perhatian para pelajar dan masyaikh Al-Azhar. Diantaranya adalah Syekh Muhammad Muhanna, penasehat Grand Syeikh Azhar. 

Baca juga: Grand Syekh Al-Azhar Kunjungi Portugal dan Mauritania

Sebagaimana dikutip dari Sout El Omma, Syekh Muhanna mengatakan bahwa MTQ Internasional non-Mesir ini merupakan hasil baik dari peran Al-Azhar dalam pembelajaran Bahasa Arab bagi para non-native speaker.

Perlombaan ini diikuti oleh 20 negara non-Arab dari Benua Eropa, Asia, dan Afrika. MTQ ini juga merupakan MTQ Internasional pertama dibawah IAAI (Ikatan Alumni Al-Azhar Internasional). Al-Azhar berharap MTQ ini bisa meningkatkan semangat persaingan dan keunggulan antar pelajar asing Al-Azhar. 

Syekh Muhanna juga menjelaskan bahwasanya mempelajari Al-Quran dan ilmu-ilmunya merupakan pendorong kemajuan ilmiah di negara-negara Islam yang tidak mengerti bahasa Arab, serta menjaga mereka dari pemikiran radikalisme, terutama seperti lomba Hifdhil Quran dan Tafsir Al-Quran. Dan ini juga bisa menyelamatkan generasi bangsa dari paham-paham yang salah yang dinisbatkan oleh kaum radikalisme. 

Baca juga: Grand Syekh Al-Azhar Duduki Peringkat Pertama 500 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Syekh Muhanna juga meninjau peran Ruwaq Al-Azhar dalam mengajari para pelajar asing dan Mesir dalam memahami Islam yang benar, mengoreksi konsep dan pembelajaran ilmu-ilmu agama dan fikih. Hal ini dilakukan dengan cara mengadakan pengajian rutin setiap hari bagi mereka yang tidak bisa menghadiri kuliah di Al-Azhar.[] 

Fida Afifah

No comments:

Item Reviewed: MTQ Internasional yang Diadakan PPMI Mesir, Menarik Perhatian Syekh Muhanna Rating: 5 Reviewed By: kmamesir