Thursday, February 28, 2019

Akhwat Aceh di Mesir Kembali Adakan Khataman Kitab Bersama Syekh Ayyub Al-Jazairy

Syekh Ayyub berfoto bersama akhwat KMA Mesir berfoto setelah menkhatamkan kitab. (Foto: Dok. Keputrian KMA)
Kmamesir.org (1/3/2019). Akhwat Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir kembali mengadakan khataman kitab bersama Syekh Ayyub Al-Jazairy pada Kamis, (28/2). Acara khataman dimulai pukul 13.25 CLT hingga menjelang Maghrib, yang berlangsung di Sahah Akhwat Aceh, Darb El-Ahmar, Darrasah. 


Akhwat berhasil menyelesaikan kitab Sullam Al-Munawraq setelah sebelumnya juga telah mengkhatamkan kitab Ushul Fiqh Syarah Waraqat. 

Pengajian bersama Syekh Ayyub berhenti beberapa bulan, dikarenakan syekh harus mengisi undangan kajian-kajian di Aceh. Pengajian ini kembali dilanjutkan pada Minggu, (16/2). Kajian ini rutin dilaksanakan tiga kali dalam seminggu setelah Ashar. 

“Ilmu mantiq adalah salah satu pondasi sebelum Kalian mempelajari ilmu yang lain. Kalau kalian bisa menguasai ilmu mantiq maka ilmu yang lain akan sangat mudah untuk dikuasai. Bersungguh-sungguhlah dalam menuntut ilmu. Jadilah orang yang bermanfaat. Semoga Kalian bisa menjadi para ulama aceh kedepannya," pesan Syekh Ayyub Al-Jazairy. 

Kitab Sullam Al-Munawraq yang berhasil dikhatamkan ini sendiri merupakan karangan ulama besar Maulana Syekh Abdurrahman Al-Akhdari, dengan syarahan dari Syekh Imam Hasan bin Darwish Al-Quwaisini rahimahullah. Kitab ini juga merupakan kitab awal bagi para pemula yang ingin mendalami ilmu mantiq. 


"Mempelajari ilmu mantiq merupakan sebuah keharusan bagi setiap azhari sebelum terjun menyelami ilmu syar'i lainnya. Saya sangat bersyukur dan terharu sebab syekh masih menyempatkan waktu untuk melanjutkan pengajian ini padahal besok akan bertolak ke tanah air (beliau)," ujar Diffa Cahyani Siraj. 

Acara khataman berjalan dengan penuh khidmat dan lancar. Terbukti dengan tidak adanya akhwat yang absen. Acara kemudian ditutup dengan doa, tasyakuran berupa makan bersama dan diakhiri dengan foto bersama.[] 

Deffa Cahyana Harist

No comments:

Item Reviewed: Akhwat Aceh di Mesir Kembali Adakan Khataman Kitab Bersama Syekh Ayyub Al-Jazairy Rating: 5 Reviewed By: KMA Mesir