Disambut Hangat, Syekh Asal Aljazair Tiba di Aceh

Syekh Ayyub tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh. (Foto: Dok. IKAT Aceh)
Kmamesir.org.(12/9/2018). Selasa (11/9), Syekh Ayyub Al-Jazairy, guru spiritual mahasiswa Aceh di Mesir, mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh. Syekh asal Al-Jazair ini disambut antusias oleh beberapa muridnya, bahkan beberapa  merupakan murid generasi awal. 



Kunjungan beliau ke Aceh untuk memenuhi undangan dari pesantren Darul Ihsan. Beliau diminta mengajarkan ilmu-ilmu alat, aqidah dan tasawuf di dayah tersebut. Sesuai jadwal yang diterima kmamesir.org, beliau akan menetap di Aceh selama kurang lebih empat bulan. 


Ini merupakan kali pertama beliau menginjakkan kaki di Aceh. Awal perkenalan beliau dengan Aceh adalah saat beberapa mahasiswa aneuk nanggroe meminta izin untuk menimba ilmu darinya. Pengajian ini dimulai secara eksklusif, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa ikut. Namun berkat gaya mengajarnya yang santai dan mudah dipahami serta selalu tuntas menghabiskan kitab, pengajian beliau semakin membesar, bahkan sekarang beliau merupakan pengajar tetap dan penasehat Sahah Aceh yang berada di Mesir. 

“Kita berharap, masyarakat Aceh dapat mengambil istifadah sebanyak-banyaknya dari beliau. Jujur, kami di sini merasa sangat kehilangan sosok mursyid yang senantiasa membimbing kami,” ujar Tgk. Zaky Mubarrak Al-Hafiz, salah satu pengurus Sahah Aceh Mesir. 


“Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir sangat merekomendasi pengajian beliau. Selain sangat kental keaswajaan, apa yang beliau ajarkan senada dengan yang diajarkan di dayah-dayah yang ada di Aceh,” tukas Tgk. Thaiburrifqi Ananda, ketua KMA Mesir.

Hendri Julian, salah satu murid Syekh Ayyub, yang dihubungi kmamesir.org menyebutkan Selasa kemarin Syekh Ayyub disambut dengan cukup baik di Dayah Darul Ihsan. Beliau mengungkapkan perasaan haru dan gembira bisa menginjakkan kaki di Bumi Serambi Mekah dan bertemu kembali dengan murid-muridnya. Siang ini Hendri mengajak Syekh Ayyub mengelilingi Banda Aceh.[]

Muhammad Syukran

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top