Tuesday, February 26, 2019

KMA Adakan Orientasi Mahasiswa Baru, Peserta Membludak

Tgk. Husni Nazir (kanan) dan Tgk. Muniruddin (tengah) memberikan materi pada ORMABA. (Foto: Dok. KMA Mesir) 
Kmamesir.org (26/2/2019). Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir mengadakan Orientasi Mahasiswa Baru (ORMABA), pada Jumat (22/2). Acara tersebut berlangsung selama dua hari, 22-23 Februari, di Meuligoe KMA, Hay Asyir. ORMABA yang berjalan selama dua hari. Banyaknya kedatangan mahasiswa baru akhir tahun lalu, membuat Meuligoe KMA nyaris tak tertampung. 

Seluruh mahasiswa sangat antusias menyambut acara yang dimaksudkan untuk mengenalkan mesir, KMA dan proses kuliah selama di Mesir bagi mahasiswa baru tersebut. Adapun mahasiswa baru dari Aceh tahun ini berkisar 180 orang. Mereka tergabung dari berbagai kabupaten serta dari berbagai latar belakang almamater. Ini adalah jumlah yang besar selama berdirinya KMA, seperti yang disampaikan Ketua KMA, Thaiburrifqi. 

“Sebagian besar mahasiswa dibawa melalui mediator Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh. Sejuah ini, jumlah sebesar ini merupakan jumlah mahasiswa Aceh terbanyak yang datang ke Mesir,” ungkap Thaiburrifqi. 


Ormaba hari pertama diawali dengan materi tentang kemesiran yang dibawa oleh Tgk. Munirruddin, dimulai dengan membedah syair-syair tentang peradaban dan kerajaan Mesir kuno hingga kini. Berikut cara bersosial dengan masyarakat Mesir baik dengan ulama atau masyarakat biasa. Kemudian dilanjuti materi kedua tentang keazharan oleh Tgk. Husni Nazir, yang membahas panjang lebar seputar kuliah dan talaqqi di Al-Azhar. Berkisah tentang semangat ulama-ulama Al-Azhar terdahulu sebagai modal pondasi bagi mahasiswa baru.

Pemimpin media KMA mengenalkan sejarah dan kiprah media KMA. (Foto: Dok. KMA Mesir) 
Hari kedua dilanjutkan dengan pengenalan media KMA. Materi media ini disampaikan langsung oleh pemimpin media KMA, seperti Puji Alfaed dari Buletin el-Asyi, Muhammad Syukran dari Kmamesir.org, Alif Wiga Asyraf dari Sekolah Menulis KMA, dan Ari Adliansyah dari KMA.TV. 

Selanjutnya sosialisasi Viktif oleh Wali Meuligoe Tgk. Zulfahmi Saputra tentang betapa pentingnya memperpanjang visa di Mesir. Serta langkah-langkah agar memudahkan mereka dalam pengurusan. Ada juga pengenalan Badan Takaful Aceh (BTA) Mesir oleh Tgk. M. Nafis Akhtiar. 

Mahasiswa baru berfoto bersama setelah ORMABA. (Foto: Dok. KMA Mesir)
Di penghujung acara, mahasiswa baru memperkenalkan diri satu persatu. Aceh Got Talent, berupa penampilan bakan dan kreasi turut memeriahkan acara, seperti menyanyikan nasyid, membacakan syair serta pantun atau akhwat yang berpartisipasi dengan menghias bunga dengan bahan botol Aqua. Acara diakhiri dengan terpilihkan "Rincong 18" sebagai nama angkatan bagi mahasiswa baru keberangkatan tahun 2018.[] 

Muhammad Syukran
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: KMA Adakan Orientasi Mahasiswa Baru, Peserta Membludak Rating: 5 Reviewed By: kmamesir