Monday, April 15, 2019

Dilantik, Kabinet A’maril Basyiriy Siap Layani KMA Setahun ke Depan

Jajaran pengurus periode 2019-2020 melakukan sesi foto bersama seusai pelantikan. (Image: Dok. KMA Mesir)
Di belakang Meuligoe, tampak beberapa mahasiswa dengan uletnya mengolah mie ayam yang akan menjadi menu utama nantinya. ketua Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) demisioner, Tgk Thaiburrifqi Ananda, kali ini turun ke lapangan mengeksekusi langsung racikan bumbu mie ayam spesial. 

Hari itu, Kamis,11 April 2019, beberapa mahasiswa berkostum hitam putih terlihat mondar-mandir di ruang tengah Meuligoe KMA pada  pukul 13.10 waktu Kairo. Pula tiga pria dewasa dengan kostum hijau lumut dipadu celana hitam duduk tak tenang sambil sesekali melihat ke pintu masuk menantikan mahasiswa berkostum hitam putih lainnya tiba.

Rumor mengatakan bahwa warna ijo lumut yang dipilih sebagai baju seragam Badan Pengurus Harian (BPH) KMA melambangkan Ikatatan Jomblo Lucu dan Imut yang siap menompang dan berkhitmah setahun ke depan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Aceh di Mesir. 

Sekitar pukul 14.13, acara pelantikan pengurus baru KMA masa Khitmah 2019-2020 dimulai. Acara dipandu langsung oleh master of ceremony beken, Miftahul Fahmi. Acara dibuka dengan lantunan merdu ayat suci Al-Quran oleh saudara Rijalul Haq. Kemudian dilanjutkan dengan kata-kata sambutan dari ketua panitia pelantikan, Tgk. Zulfahmi Saputra dan disusul dengan wejangan dan nasehat dari Koordinator Majelis Syura, Tgk. Azwani Putra Lc. 

Dalam wejangannya beliau mengatakan bahwa setiap periode haruslah mengukir prestasi baru atau minimal menyamai periode sebelumnya. Beliau juga sedikit mengungkit kenangan dan berbagi pengalaman saat beliau masih menjadi pengurus KMA. 

“Saya masih ingat dulu saat akan dilantik saya duduk di sudut sana,” sambil menunjuk arah sudut kanan ruang tengah Meuligoe, kenangnya. 

Memasuki acara puncak, para calon pengurus yang akan dilantik bersiap sambil menunggu namanya dipanggil sebelum akhirnya membuat barisan untuk membacakan sumpah dan janji. Dengan dipimpin langsung oleh ketua KMA baru, A’maril Basyiriy Lc. 84 anggota lainnya kompak mengikuti bait-bait sumpah. 

Usai mengucapkan sumpah dan janji, Majelis Syura juga melakukan peusijuk sebagai adat dan tradisi masyarakat Aceh. Hal ini tentu dengan unsur-unsur yang mengandung nilai islami sebagai isyarat memohon ketentraman dan kemudahan serta keberkahan dari Allah Swt. Dengan masuknya nasi ketan ke mulut ketua KMA baru maka berakhirlah sesi pelantikan pengurus baru KMA masa khitmah 2019-2020. 

Pada sesi selanjutnya, master of ceremony mempersilahkan Ketua KMA baru memberikan kata-kata sambutan. Dalam kesempatan ini Tgk A’maril mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada segenap pengurus yang telah bersedia membantunya setahun ke depan. Ia juga menaruh harapan besar bagi segenap pengurus baru untuk terus memberi inovasi-inovasi baru dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat KMA. 

“Karena saya tau kalian sudah lapar maka saya sudahi kata-kata sambutan ini,” ucapnya mengakhiri kata-kata sambutannya sebelum mengucapkan salam. Kemudian Acara diakhiri dengan pembacaan doa oleh Tgk. Aditya Wirawan.

Baca juga: Mengenal A’maril Basyiriy, Ketua Keluarga Mahasiswa Aceh Mesir 2019-2020

Acara pelantikan Pengurus baru ini berlangsung khitmah dan penuh semangat. Belum lagi mie ayam Tgk Thaiburrifqi yang membuat lidah tak henti bergoyang. Maka lengkap sudah rasanya gelora semangat fikiran dan lidah bersatu menyambut masa depan KMA yang lebih berjaya, berkarya serta sejahtera.[]

Annas Muttaqin

No comments:

Item Reviewed: Dilantik, Kabinet A’maril Basyiriy Siap Layani KMA Setahun ke Depan Rating: 5 Reviewed By: kmamesir