Friday, August 23, 2019

Hadiri Pelantikan Sema FBA, Ust. Cecep: Masisir Kurang Pede Menggunakan Bahasa Arab

Ust. Cecep Taufiqurrahman, MA. sedang memberikan kata sambutan. (sumber: dok. Sema FBA)


Kmamesir.org (23/8/19). Ust. Cecep Taufiqurrahman, MA. menghadiri Pelantikan Senat Mahasiswa Fakultas Bahasa Arab (Sema FBA) yang di adakan di Daha KMJ (Keluarga Mahasiswa Jambi) pada Rabu (21/8). 

Ust. Cecep Taufiqurrahman, MA. merupakan alumni pascasarjana Jurusan Akidah Filsafat Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar Kairo Mesir dan sedang menyelesaikan program doktoral nya di Azhar. Beliau juga seorang penulis buku best seller berjudul “Menuju Kiblat Ilmu”. 

Alih-alih menyampaikan kata sambutan mewakili Atdikbud yang sedang berhalangan hadir, beliau malah menyampaikan curahan hatinya terkait Mahasiswa Indonesia di Mesir atau yang kerap disapa dengan Masisir. 

"Salah satu persoalan di kalangan Masisir adalah tidak terbiasa berbicara Bahasa Arab, sehingga kurang pede menggunakan Bahasa Arab. Saya berharap Sema FBA menjadi mercusuar aktifnya Bahasa Arab di kalangan Masisir," ujar Ust. Cecep sekaligus menyatakan siap berkontribusi untuk mendukung Sema FBA dalam menjalankan fungsi tersebut.

Baca juga: Seuramoe Voice Aceh Meriahkan Shalawat Kemerdekaan PPMI Mesir

Menurut Ust. Cecep, banyaknya permasalahan yang dihadapi Masisir salah satu penyebabnya adalah karena minimnya kemampuan dalam berbicara bahasa arab, mulai dari permasalahan syuun (administrasi), canda, dan banyak hal lainnya. Dan untuk semua permasalahan ini yang paling bertanggung jawab adalah Senat Mahasiswa Fakultas Bahasa Arab. 

Hal yang serupa juga disampaikan oleh Wapres PPMI Nasruddin Babas. "Awalnya saya tidak percaya ada ikan yang tidak bisa berenang, tapi ketika melihat ada mahasiswa yang belajar di negeri Arab tapi tidak bisa berbahasa Arab saya jadi percaya bahwa itu tidak mustahil." 


Ahmad Khikam yang sekarang menjadi nahkoda baru Sema FBA menyampaikan bahwasanya beliau juga memiliki Visi Misi yang serupa. 

Setelah penyampaian kata-kata sambutan, acara langsung dilanjutkan dengan pelantikan Dewan Pengurus dan pembacaan ikrar, dengan ini Kabinet Aksara resmi menjadi Pengurus Sema FBA selama setahun ke depan. Selamat mengabdi dan menginspirasi, semoga menjadi pemberat di mizan hasanat nantinya. 


Rahmiatul Aini
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Hadiri Pelantikan Sema FBA, Ust. Cecep: Masisir Kurang Pede Menggunakan Bahasa Arab Rating: 5 Reviewed By: kmamesir